Partisipasi Sensus Penduduk Online Tinggi, Pemkot Yogyakarta Raih Penghargaan BPS

Kuntadi ยท Selasa, 15 September 2020 - 17:00 WIB
Partisipasi Sensus Penduduk Online Tinggi, Pemkot Yogyakarta Raih Penghargaan BPS
Pemkot Yogyakarta mendapatkan penghargaan dari BPS terhadap tingginya partisipasi sensus penduduk online. (Foto: dok Pemkot Yogyakarta)

YOGYAKARTA, iNews.id – Kesadaran masyarakat Kota Yogyakarta untuk mengikuti sensus penduduk secara online cukup tinggi. Partisipasi masyarakat melebihi target yang telah ditentukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

“Kami berikan penghargaan kepada Kota Yogyakarta karena respon rate dalam sensus penduduk online melebihi target,” kata Kepala BPS Kota Yogyakarta, Harjana saat menyerahkan piagam penghargaan kepada Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Selasa (15/9/2020).

Sensus penduduk secara online sudah dilaksanakan mulai 15 Februari sampai 29 Mei. Saat ini sedang memasuki masa lanjutan dengan sistem wawancara selama bulan September.

Sensus lanjutan ini dikemas dengan melakukan kunjungan secara langsung. Setiap petugas yang ditunjuk akan mendatangi rumah penduduk untuk mencatatkan diri. Petugas wajib menerapkan protokol kesehatan dan telah menjalani rapid test.

“Hasil sensus ini menjadi modal untuk merancang kebijakan daerah,” katanya.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan sensus penduduk merupakan langkah pertama untuk mewujudkan bank data. Hasil ini sangat diperlukan untuk penentuan kebijakan daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Kepada masyarakat yang belum melakukan sensus online, masih bisa melakukan secara langsung. Nantinya akan ada petugas sensus untuk mendata dengan mendatangi ke rumah-rumah warga.

“Untuk masyarakat Kota Yogya yang kemarin belum bisa melakukan sensus penduduk online masih bisa di layani dengan pendataan langsung oleh petugas,” kata Haryadi.


Editor : Kuntadi Kuntadi