Pasien Covid-19 Melonjak, RS Fatmawati Tak Terima Pasien Umum

Ari Sandita Murti · Rabu, 23 Juni 2021 - 09:18:00 WIB
 Pasien Covid-19 Melonjak, RS Fatmawati Tak Terima Pasien Umum
Gubernur DKI saat berkunjung ke RS Fatmawati beberapa waktu silam. (foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pasien Covid-19 melonjak. Rumah Sakit (RS) Fatmawati tidak lagi menerima pasien umum. Pelayanan hanya diberikan untuk pasien Covid-19 karena kenaikan kasus positif.

Kepala Bagian Hukum, Organisasi dan Humas RS Fatmawati Jakarta, Iwan Rusmana mengatakan, kapasitas rumah sakitnya melebihi batas. Pembatasan pasien dilakukan untuk menghindari penularan.

"Dilatarbelakangi karena saat ini ada kenaikan jumlah pasien yang terkonfirmasi Covid-19, dan pasien tersebut melebihi jumlah kapasitas ruang perawatan Covid-19, khususnya di RSUP Fatmawati," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (23/6/2021).

Menurutnya, untuk mengantisipasi jumlah pasien melebihi kapasitas dan menghindari potensi transmisi penularan Covid-19 di rumah-ruang rawat itu. Pengelola rumah sakit pun mengambil langkah-langkah. 

Pertama, IGD RSUP Fatmawati saat ini hanya menerima pasien dengan terkonfirmasi covid 19 dengan gejala sedang, berat, dan kritis.

Kedua, kata dia, bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 dengan gejala ringan dianjurkan untuk ke Wisma Atlet dan bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala dianjurkan Isolasi Mandiri. Lalu, bagi pasien Covid-19 dapat diterima di RSUP Fatmawati apabila kapasitas IGD masih tersedia.

"Bagi pasien umum atau Non Covid yang masuk melalui IGD untuk sementara waktu akan diarahkan ke Rumah Sakit Sekitar guna menghindari penularan atau transmisi Covid-19," katanya.

Editor : Ainun Najib