Pekan Depan, Jalan Perwakilan Mulai Ditata

Antara ยท Senin, 11 Oktober 2021 - 21:23:00 WIB
Pekan Depan, Jalan Perwakilan Mulai Ditata
Suasana Jalan Malioboro di Kota Yogyakarta. (Foto : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Penataan sirip-sirip Jalan Malioboro dilanjutkan ke Jalan Perwakilan. Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta akan melakukan penataan pedestrian di sisi utara dan selatan jalan tersebut mulai pekan depan.

“Penataan ini merupakan kelanjutan penataan sirip-sirip Jalan Malioboro yang juga menjadi bagian tidak terpisahkan dari sumbu filosofis Yogyakarta,” kata DPUPKP Kota Yogyakarta Hari Setya Wacana di Yogyakarta, Senin (11/10/2021)

Sebelumnya, penataan sirip-sirip Jalan Malioboro sudah dilakukan di Jalan Suryatmajan. Menurut Hari Setya, pendanaan untuk penataan Jalan Perwakilan tersebut sepenuhya berasal dari APBD Perubahan 2021 Kota Yogyakarta dengan alokasi anggaran sekitar Rp10 miliar.

Lelang untuk pekerjaan fisik tersebut sudah selesai dan Hari memperkirakan pekerjaan fisik penataan pedestrian sudah dapat dilakukan mulai pekan depan.

“Konsep pedestrian tidak akan terlalu berbeda dengan pedestrian di Jalan Malioboro. Misalnya bahan material yang digunakan juga sama, menggunakan ‘granit tile’ keabuan,” katanya.

Meskipun dilakukan revitalisasi, namun lebar pedestrian di Jalan Perwakilan tidak akan diubah. “Tetap sesuai dengan eksisting yang ada sekarang. Yang pasti, kondisi trotoar akan jauh lebih rapi dan tertata,” katanya.

Pekerjaan revitalisasi pedestrian Jalan Perwakilan ditargetkan sudah dapat diselesaikan pada akhir Desember.

Selain menata pedestrian, juga akan dilakukan penataan terhadap kabel listrik dan fiber optic yang ada di ruas jalan tersebut. “Kami akan melakukan ducting,” katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: