Pembatalan Perjalanan Kereta Diperpanjang, PT KAI Daops 6 Yogyakarta Intensif Perbaiki Sarpras

Kuntadi ยท Selasa, 28 April 2020 - 11:38 WIB
Pembatalan Perjalanan Kereta Diperpanjang, PT KAI Daops 6 Yogyakarta Intensif Perbaiki Sarpras
Sejumlah lokomotif menjalani perawatan di Balai Yasa Yogyakarta, selama masa perjalanan kereta api jarak jauh dibatalkan. (Foto : Dok/Humas KAI Daops 6 Yogyakarta)

YOGYAKARTA, iNews.id – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (Daops) 6 Yogyakarta, memperpanjang pembatalan perjalanan kereta api jarak jauh, sampai dengan akhir Mei 2020. Selama tidak ada perjalanan, pegawai intensif melakukan perbaikan sarana dan prasarana.

“Semua perjalanan kereta jarak jauh baik ke Jakarta, Bandung atau ke timur Surabaya, Malang dibatalkan sampai 31 Mei 2020,” ujar Manager Humas PT KAI Daops 6 Yogyakarta, Eko Budianto, Selasa (27/4/2020).

Pembatalan ini dilakukan sebagai dukungan terhadap kebijakan larangan mudik dari pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19. Sebelumnya pembatalan sementara perjalanan kereta api hanya sampai akhir April. Namun setelah dilakukan evaluasi, disepakati untuk diperpanjang.

“Setelah evaluasi dan mengikuti perkembangan di lapangan, akhirnya diperpanjang,” katanya.

Bagi masyarakat yang telah memiliki tiket perjalanan mudik, bisa melakukan pembatalkan perjalanan atau menjadwal ulang. PT KAI memberikan uang tiket utuh 100 persen untuk pembatalan tiket keberangkatan KA sampai dengan tanggal 4 Juni 2020. Pembatalan bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access, maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan. Sedangkan uang pengembalian akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian.

Sementara untuk pembatalan di loket stasiun, dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan. Maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan KTP, kode booking, dan uang ganti akan diserahkan langsung.

Saat ini. Di Daops 6 Yogyakarta, hanya Kereta Api Prambanan Ekspres (Prameks) dan KA Angkutan Barang. Ada 8 relasi KA Prameks. Sebanyak 4 perjalanan relasi Yogyakarta-Solo Balapan dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta Pukul 05.15 WIB, 08.20 WIB, 12.05 WIB, 15.55 WIB. Sedangkan 4 perjalanan relasi Solo Balapan-Yogyakarta dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan Pukul 06.35 WIB, 09.50 WIB, 14.20 WIB, 18.12 WIB.

“Kami memohon maaf kepada penumpang yang perjalanan mudiknya tertunda. Ini untuk menekan penyebaran Covid-19 pada masa angkutan Lebaran 2020,” kata Eko.

Selama kereta tidak beroperasi, pegawai memaksimalkan perbaikan sarana dan prasarana. Baik perbaikan lokomotif, jalur kereta hingga perbaikan fisik lain di stasiun.


Editor : Kuntadi Kuntadi