get app
inews
Aa Text
Read Next : 3 Jalur Alternatif ke Gunungkidul Ini Jadi Favorit Wisatawan Lokal, Cocok untuk Weekend Trip

Pemkot Jogja Perbanyak Jaringan Layanan Pembayaran PBB

Senin, 25 April 2022 - 22:09:00 WIB
 Pemkot Jogja Perbanyak Jaringan Layanan Pembayaran PBB
Sekda Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mendistribusikan SPPT PBB kepada camat untuk diteruskan ke wajib pajak, Rabu (19/1/22). (Foto : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Akses untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kota Yogyakarta makin beragam. Pemkot Jogja menambah jaringan layanan pembayaran pajak PBB. 

Wajib pajakpun memiliki banyak alternatif cara pembayaran pajak.

“Hari ini kami menandatangani kesepakatan bersama dengan salah satu bank pemerintah terkait layanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB),” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta Wasesa di Yogyakarta, Senin (25/4/2022).

Melalui kerja sama yang terjalin antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan Bank Mandiri tersebut, maka wajib pajak PBB di Kota Yogyakarta dapat memenuhi kewajiban mereka membayar pajak melalui layanan Bank Mandiri termasuk layanan transaksi mobile banking.

Sebelumnya, pembayaran PBB di Kota Yogyakarta dilayani melalui sejumlah bank yang sudah ditunjuk seperti BPD DIY, BNI, BRI, dan Bank Jogja. Selain itu, layanan pembayaran juga dapat dilakukan secara daring melalui aplikasi Tokopedia, Gojek, dan Laku Pandai.

Wasesa berharap, tambahan jaringan perbankan yang memberikan layanan pembayaran PBB akan semakin memudahkan wajib pajak untuk memenuhi kewajiban mereka.

Dengan demikian, lanjut dia, dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak dan mengoptimalkan penerimaan pendapatan daerah.

Berdasarkan data, penerimaan PBB di Kota Yogyakarta pada 2021 tercatat sebanyak Rp97,6 miliar atau 105,6 persen dari target sebesar Rp92,5 miliar. Sedangkan target penerimaan PBB pada 2022 ditetapkan sebesar Rp97 miliar.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan kerja sama yang terjalin dengan Bank Mandiri ditujukan untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

“Salah satunya melalui transaksi daring yang bisa diakses cepat dan mudah. Tentunya, layanan transaksi online ini perlu terus disosialisasikan dengan cara memberikan alternatif pembayaran untuk berbagai layanan publik,” katanya.

Sementara itu, Senior Vice President Regional CEO VII/Jawa 2 Bank Mandiri Dessy Wahyuni mengatakan, memiliki layanan mobile banking yang akan mengakomodasi semua kemudahan dan transformasi digital keuangan.

“Nasabah tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi tetapi cukup melalui aplikasi. Harapannya, fitur pembayaran akan lebih banyak,” katanya.

Editor: Ainun Najib

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut