Pencarian 5 Korban Tenggelam Pantai Goa Cemara Dilanjutkan, Basarnas Turunkan 7 SRU

Trisna Purwoko ยท Jumat, 07 Agustus 2020 - 09:34:00 WIB
Pencarian 5 Korban Tenggelam Pantai Goa Cemara Dilanjutkan, Basarnas Turunkan 7 SRU
Tim SAR dan TNI/Polri bersama relawan melakukan pencarian korban tenggelam di Pantai Gua Cemara Bantul. (foto; istimewa).

BANTUL, iNews.id – Upaya pencarian lima korban tenggelam di Pantai Gua Cemara Bantul dan seorang pencari ikan di Sungai Progo kembali dilanjutkan, Jumat (7/8/2020). Jika cuaca cerah Tim SAR akan melakukan pencarian ke tengah lautan menggunakan perahu jukung dan paramotor dari udara.

Korban tenggelam di Pantai Gua Cemara ada tujuh orang yang masih satu keluarga. Dua orang telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, Uli Nur Rochmi (28) dan Ahmad Nur Fauzi (30). Sedangkan lima korban lainnya, Joko Widodo (30); Muh Zafir Zakie Alfarizi (8); Muhammad Rizki Romadhon (7); Ahmad Chairul Fatah (4) dan Muhammad Zidan Abdari (8); warga Tempel, Sleman belum berhasil ditemukan.

Sedangkan pencari ikan yang hilang di Sungai Progo, Dimas Saputra Arsyad (28) warga Gamping Sleman. Dia mencari ikan bersama dua rekannya namun menghilang dan tidak diketemukan.

“Hari ini pencarian kita lanjutkan baik di Pantai Gua Cemara dan di Sungai Progo,” kata Kasubsi Operasi Kantor Basarnas Yogyakarta Asnawi Suroso, Jumat (7/8/2020).

Memasuki hari kedua ini, upaya pencarian di Pantai Gua Cemara akan dimaksimalkan. Setidaknya ada tujuh SAR Rescue Unit (SRU) yang akan diturunkan. SRU 1 akan melakukan penyisiran laut dari Pantai Baru sampai Pantai Gua Cemara dengan menggunakan perahu jukung.

“Kalau cuacanya mendukung kita akan lakukan penyisiran di laut dengan perahu,” katanya.

Sedangkan SRU 2 akan melakukan penyisiran dari Pantai Gua Cemar sampai dengan Pantai Indocor ke arah barat dengan berjalan kaki. SRU 3 menyisir dari Pantai Indocor sampai Pantai Pandan Simo (ke arah barat) dan SRU 4 menyisir dari Pantai Pandan Simo sampai di Muara Sungai Progo.

Sedangkan SRU 5 akan melakukan penyisiran dari Pantai Gua Cemara sampai dengan muara Trisik dengan kendaraan Amphibious sejauh 11 kilometer. Untuk SRU 6 melakukan penyisiran Pantai Gua Cemara-Pantai Samas ke arah timur dengan kendaraan ATV.

“Kita juga siapkan SRU 7 yang akan melakukan penyisiran via udara dengan menggunakan paramotor kalau cuacanya memungkinkan,” kata Asnawi.

Upaya pencarian Tim SAR juga didukung para personel dari Kepolisian/TNI, relawan dan juga dari masyarakat. Termasuk dari komunitas drone Yogyakarta yang akan menerjunkan 60 tim.

Sedangkan pencarian pencari ikan di Sungai Progo di Argodadi, Sedayu Bantul, hari ini juga akan dilanjutkan. Setidaknya ada 50 personel yang akan diterjunkan yang dibagi ke dalam empat SRU. SRU 1 akan melakukan pencarian dengan menggunakan alat selam, dan SRU 2 melakukan penyisiran ke arah selatan dari lokasi tenggelam.

Sedangkan SRU 3 akan melakukan penyisiran ke arah utara dengan jarak kurang lebih 1 kilometer, dan SRU 4 Melakukan penyisiran dari darat di sisi timur dan barat sungai ke arah selatan kurang lebih sepanjang 1 kilometer.

“Semoga hari kedua ini seluruh korban bisa ditemukan,” kata Kepala kantor Basarnas Yogyakarta L Wahyu Efendi.


Editor : Kuntadi Kuntadi