Pendatang di Bantul Bakal Jalani Tes Swab Gratis, Begini Cara Pendaftaran

Antara ยท Minggu, 21 Juni 2020 - 09:20 WIB
Pendatang di Bantul Bakal Jalani Tes Swab Gratis, Begini Cara Pendaftaran
Warga mendaftar untuk tes swab. (Foto: Dok iNews).

BANTUL, iNews.id - Pendatang di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, akan menjalani pemeriksaan swab atau polymerase chain reaction (PCR) gratis. Mereka yang mendapat prioritas yakni pelaku perjalan dari sejumlah wilayah Indonesia dengan transmisi lokal Covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santosa mengatakan, tes swab gratis bagi para pelaku perjalanan rencananya akan dilaksanakan di halaman parkir Dinas Kesehatan Bantul 23 - 26 Juni 2020 mendatang.

"Sasaran pelaku perjalanan dari seluruh wilayah transmisi lokal di Indonesia yang datang ke Bantul," kata Sri Wahyu di Kabupaten Bantul, DIY, Minggu (21/6/2020).

Menurut dia, jumlah sasaran pelaku perjalanan yang akan diperiksa tes swab sebanyak 200 orang. Mereka akan dibagi menjadi dua gelombang, yakni pada 23 dan 24 Juni dengan pelayanan sebanyak 50 orang per hari.

"Kemudian pada 25 dan 26 Juni, sebanyak 50 orang per hari," ujar dia.

Syarat peserta tes swab yakni pelaku perjalanan dari wilayah transmisi lokal. Para peserta yang akan menjalani pemeriksaan tersebut harus mendaftar dengan mengisi data di website deteksicorona.bantulkab.go.id/swabtest mulai 19 hingga 24 Juni.

"Setelah mendaftar di aplikasi dan lolos, bisa mendownload surat pernyataan perjalanan yang ditandatangani dukuh setempat sebagai syarat menerima swab gratis," ujar dia.

Dia mengatakan, tujuan swab gratis ini untuk mencegah lebih dini penularan infeksi virus corona dari daerah transmisi lokal dan belum terdeteksi. Sebab pemudik atau pendatang ini berisiko sebagai carier.

Selain pelaku perjalanan, pemeriksaan swab gratis oleh Pemkab Bantul juga akan ditujukan kepada para tenaga kesehatan di rumah sakit wilayah Bantul yang merawat pasien-pasien Covid-19.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal