Pengembalian Mandat ke Presiden, Mahfud MD: Baiknya Jokowi Panggil Pimpinan KPK

Kuntadi ยท Minggu, 15 September 2019 - 15:24:00 WIB
Pengembalian Mandat ke Presiden, Mahfud MD: Baiknya Jokowi Panggil Pimpinan KPK
Mantan Ketua MK, Mahfud MD. (Foto: iNews.id/Felldy Utama).

YOGYAKARTA, iNews.id - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD, menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil para pimpinan KPK. Selain untuk mengembalikan mandat, Presiden juga diminta berdiskusi dengan perwakilan KPK.

"Presiden sangat bijaksana kalau mengundang mereka diskusi," kata Mahfud MD saat berbincang dengan media di Cafe De Tambir, Kota Yogyakarta, Minggu (15/9/2019) siang.

Tiga orang pimpinan KPK yang mengembalikan mandat adalah Agus Rahardjo, Saut Situmorang dan Laode M Syarif. Mereka menyerahkan mandat kelembagaan KPK kepada presiden, mulai dari revisi undang-undang hingga pemilihan calon pimpinan lembaga antirasuah tersebut.

Tiga pimpinan KPK ini bisa dipanggil bertukar pendapat. Menurutnya, tidak ada salahnya bila Presiden memanggil perwakilan pimpinan tersebut supaya tercipta momen untuk berbicara dengan mereka.

"Sekarang waktunya diajak bicara, dan menjawab respons Presiden," kata Mahfud.

Dengan pengembalian mandat ini, akan menjadikan pimpinan KPK kosong. Kondisi ini tentu meresahkan masyarakat, karena sudah banyak perkara yang ditangani KPK dan beberapa pelaku korupsi yang berstatus tersangka.

Secara hukum, Mahfud melihat KPK bukan mandataris presiden, sehingga tidak bisa mandat tersebut diberikan ke Presiden. Meski lembaga independen ini ada di lingkaran eksekutif.

"KPK bukan mandataris Presiden. Meski independen dan ada di lingkaran eksekutif. Tetapi KPK bukan di bawah presiden," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: