Pengembangan Pariwisata di Perbukitan Menoreh Terkendala Infrastruktur Jalan

Kuntadi ยท Kamis, 30 Juni 2022 - 22:53:00 WIB
Pengembangan Pariwisata di Perbukitan Menoreh Terkendala Infrastruktur Jalan
Kebun teh Nglinggo menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. (Foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id - Potensi wisata di Perbukitan Menoreh Kulonprogo belum bisa tergarap secara maksimal. Infrastruktur berupa akses jalan masih menjadi kendala, sehingga kunjungan wisatawan masih terbatas. 
  
“Destinasi wisata di perbukitan terganjal akses jalan. Ini masalah dari dulu yang mengakibatkan bus tidak bisa masuk,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kulonprogo Muhtarom Asrori, Kamis (30/6/2022). 

Permasalahan ini harus diselesaikan secara bersama, antara Dinas Pariwisata dengan OPD yang lain. Masalah pendanaan infrastruktur bisa dipikirkan menggunaan dana keistimewaan untuk membuka kawasan wisata.  

Solusi lain dengan kondisi yang ada, dengan mengoptimalkan kendaran khusus. Selama ini sudah banyak angkutan berupa mobil jeep. Hanya regulasinya harus dipertegas agar tidak menjadi permasalahan di kemudian hari. 

“Masalah jalan ini apakah harus diperlebar atau solusi dengan angkutan khusus. Semua pihak terkait harus duduk bareng,” ujar politisi PAN ini.  

Dinas Pariwisata juga didorong untuk memperbanyak event wisata, guna menarik wisatawan datang. Apalagi ada bebeapa desa wisata yang bisa membuat paket wisata untuk ditawarkan kepada wisatawan. 
 
“Kulonprogo memiliki banyak desa wisata yang terkenal. Ini menjadi potensi mendatangkan wisatawan minat khusus, ujarnya. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: