Penjaga MCK Pasar Cebongan Positif Covid-19, 47 Pedagang Jalani Tes Swab

Kuntadi ยท Jumat, 11 September 2020 - 17:02:00 WIB
Penjaga MCK Pasar Cebongan Positif Covid-19, 47 Pedagang Jalani Tes Swab
Pasar Cebongan Sleman tetap buka meski dua pedagang dan penjaga MCK positif Covid-19.. (Foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id – Pemerintah Kabupaten Sleman membenarkan ada penjaga MCK dan pedagang di Pasar Cebongan, Sleman yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dinas Kesehatan telah menindaklanjuti dengan melakukan tracking kepada pedagang yang kontak erat.

“Kami klarifikasi memang ada penjaga MCK pasar tersebut yang terkonfirmasi positif. Ada dua orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo, menanggapi adanya pesan berantai yang menginformasikan pedagang Pasar Cebongan yang positif Covid-19, Jumat (11/9/2020).

Pesan berantai yang beredar di masyarakat berbunyi seperti di bawah ini.
“Sekedar informasi bapak2 pamja, sementara mboten sah blonjo Ten pasar Cebongan rumiyen karena ada penjaga MCK / bakul wedang positif Covid 19tadi pagi sdh di bawa kerumah sakit .dan keluarga nya isolasi mandiri.ada 26orang yg terdaftar hari ini mau di cek di puskesmas. info dr teman kami warga Seyegan”

Joko mengatakan, ada dua orang yang dinyatakan positif dalam waktu yang berbeda. Satu dinyatakan positif setelah hasil laboratorium keluar pada 7 September. Satu kasus lainnya hasil uji laboratorium keluar pada 8 September.

Temuan ini sudah ditindaklanjuti dengan melakukan tracking. Setidaknya ada 47 orang yang mengikuti tes swab karena melakukan kontak erat dan 35 yang mengikuti rapid test.

“Ada lima yang di rapid test hasilnya reaktif dan diikuti dengan tes swab,” katanya.

Meski ada kasus positif, aktivitas di Pasar Cebongan tetap berjalan dengan normal. Pemerintah belum menutup pasar, hanya meningkatkan upaya pencegahan dengan penyemprotan disinfektan.

“Sehari dua kali disemprot disinfektan,” kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Sleman, Shavitri Nurmala.


Editor : Kuntadi Kuntadi