Perempuan Asal Purworejo Tertangkap Edarkan Uang Palsu di Pasar Bendungan Kulonprogo

Kuntadi ยท Senin, 12 Oktober 2020 - 11:06:00 WIB
Perempuan Asal Purworejo Tertangkap Edarkan Uang Palsu di Pasar Bendungan Kulonprogo
Petugas mengamankan sembilan lembar uang pecahan Rp100.000 yang diduga palsu. (foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id – Petugas Reskrim Polsek Wates Kulonprogo mengamankan Sug (55) warga Purworejo, Jawa Tengah. Perempuan ini diduga mengedarkan uang palsu di Pasar Bendungan, Kulonprogo pada Minggu (11/10/2020).

“Kita amankan seorang perempuan yang diduga menjadi pengedar uang palsu,”kata Kapolsek Wates, Kompol Endang Suprapto, Senin (12/10/2020).

Kronologis kasus ini berawal saat pelaku datang ke Pasar Bendungan dan ke kios ikan. Saat itu pelaku membeli udang setengah kilogram dan menyerahkan uang pecahan Rp100.000 kepada pedagang ikan Supini. Korban yang tidak menyadari uang tersebut palsu, langsung memasukkan ke dalam dompet dan memberikan kembalian Rp80.000.

Pelaku kemudian ke kios lain dan membeli bakmi di kios milik Satinah. Pelaku kembali menyerahkan uang pecahan Rp100.000 yang diduga palsu untuk membayar. Namun, pedagang ini mengenali uang tersebut bukanlah uang asli. Pelaku kemudian diamankan oleh Satpam Pasar Bendungan dan diserahkan kepada polisi.

“Kita masih lakukan penyelidikan dengan meminta keterangan dari pelaku,” katanya.

Polisi sempat melakukan penggeledahan di rumah pelaku Gebang, Purworejo namun hasilnya nihil. Petugas tidak menemukan uang palsu di rumahnya. Selain mengamankan pelaku, petugas juga menyita barang bukti berupa 500 gram udang, tiga bungkus bakmi kering, sembilan lembar uang pecahan Rp100.000 yang diduga palsu dan uang tunai Rp60.000.

Pada awal September lalu, petugas juga mengamankan seorang perempuan RR (55) warga Kulonprogo yang juga mengedarkan uang palsu. Modusnya hampir sama, menggunakan uang palsu untuk membeli makanan di Pasar Bendungan.

Editor : Kuntadi Kuntadi