Perhimpunan Eropa untuk Indonesia, Bagikan Sembako ke warga Terdampak Covid-19

Kuntadi ยท Minggu, 17 Mei 2020 - 23:37 WIB
 Perhimpunan Eropa untuk Indonesia, Bagikan Sembako ke warga Terdampak Covid-19
Bantuan dari PETJ secara simbolis diterima oleh Kepala desa Panggungharjo, Wahyudi Anggoro. Foto : Kuntadi/iNews.id

BANTUL, iNews.id – Masyarakat Indonesia di Eropa yang tergabung dalam Perhimpunan Eropa untuk Indonesia (PETJ) membagikan bantuan sembako kepada warga miskin dan terdampak Covid-19 di DIY. Bantuan ini menyasar warga miskin yang belum mendapatkan bantuan sosial dari peemrintah.

“Ada 530 paket bantuan yang kita bagikan ke masyarakat,” ujar Sekjend PETJ, M Subkhi Ridho, saat menyerahkan bantuan di Desa Pangguharjo, Sewon, Bantul, Minggu (17/5/2020).

Paket sembako yang dibagikan berisi beras, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, kecap, teh, serta telur dan uang tunai. Bantuan langsung diberikan kepada masyarakat dengan mendatangi rumah penduduk. Cara ini dilakukan untuk menghindari kerumunan dan agar lebih tepat sasaran.

“Pembagian paket sembako ini menyasar warga yang tak menerima bantuan sosial dari pemerintah, di luar penerima PKH,” kata Koordinator Gugus Covid-19, PETJ, Rizal Tirta.

Bantuan ini diberikan kepada buruh harian lepas, guru honorer, single parent, bdan warga terdampak Coviod-19 seperti korban PHK atau mereka yang dirumahkan. Bantuan ini akan didistribusikan secara bertahap, sejak 9 Mei Mei lalu di beberapa desa.

PETJ juga memberikan edukasi kepada warga, agar tetap berada di dalam rumah, mengenakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun.

“Bantuan ini diinisiasi oleh Sri Tunruang, yang juga aktivis di Arbeitkreis Indonesia (AK Indonesia) di Aachen Jerman,” ujarnya.


Editor : Kuntadi Kuntadi