Perindo Bantul Latih Ibu Rumah Tangga Jadi Pengusaha

Kuntadi ยท Kamis, 15 Februari 2018 - 17:07:00 WIB
Perindo Bantul Latih Ibu Rumah Tangga Jadi Pengusaha
Sekretaris DPD Perindo Bantul Rudi Ristanto memberikan sertifikat kepada peserta pelatihan Perindo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

BANTUL, iNews.id – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Perindo Bantul menggelar pelatihan usaha dan keterampilan kepada ibu-ibu rumah tangga di Dukuh Plakaran, Desa Baturetno, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (15/2/2018). Acara yang digagas Bidang Pemberdayaan Perempuan DPD Perindo Bantul ini untuk memotivasi warga berwirausaha demi peningkatan kesejahteraan keluarga.

Pelatihan dan Keterampilan Pemberdayaan Perempuan di Balai Serbaguna Plakaran ini merupakan pelatihan angkatan kedua. Kali ini, para peserta mendapat pelatihan membuat makanan khas Yogyakarta, wingko. Sebelumnya Perindo Bantul sudah menggelar pelatihan membatik bagi perempuan di Kecamatan Sewon.

“Kami ingin memberikan bekal keterampilan agar ibu rumah tangga ini bisa membuat usaha untuk menambah pendapatan keluarga,” kata Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan DPD Perindo Bantul Retno Widayati.

Pelatihan yang diberikan ini tidak sebatas pada kemampuan membuat produk, namun juga strategi pemasaran produk. Bahkan, untuk pemasaran produk, Perindo siap menjembatani dengan pelaku usaha lain. Usaha ini diharapkan mampu berkembang, membuka lapangan pekerjaan dan mengentaskan kemiskinan di Bantul. “Kami ingin menjadikan ibu-ibu ini sebagai pengusaha,” tutur Retno.

Mengapa yang dipilih pelatihan wingko? Menurut Retno, ini tidak terlepas dari produk tersebut yang berbahan pangan lokal. Wingko juga merupakan salah satu makanan khas di Yogyakarta. Produk ini menjadi salah satu oleh-oleh yang diburu wisatawan bersama dengan bakpia, geplak, dan makanan khas lainnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Baturetno, Hani Sardjaka, menyambut baik kegiatan ini. Ibu rumah tangga tidak hanya difasilitasi kemampuan, namun juga diberikan sertifikat. Yang terpenting, pelatihan bisa bermanfaat untuk masyarakat.

“Semoga ini mampu menjadikan perempuan lebih inovatif dan berkarya mandiri. Apalagi di Baturetno, banyak muncul usaha industri rumahan yang berkembang. Sejumlah pusat kuliner juga muncul dan cukup eksis,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Perindo Bantul Rudi Ristanto mengatakan pelatihan ini merupakan salah satu komitmen Partai Perindo untuk menyejahterakan masyarakat. Perindo banyak melakukan karya nyata di masyarakat, mulai dari fogging untuk pemberantasan demam berdarah, hingga membagikan gerobak bagi para PKL. “Kami juga melakukan beberapa pelatihan agar masyarakat bisa berkembang dan sejahtera sesuai visi dan misi Perindo,” ujarnya.


Editor : Maria Christina