Pilkades di Bantul, Ada Ayah Lawan Anak dan Suami Lawan Istri

Kuntadi ยท Jumat, 11 September 2020 - 13:45 WIB
 Pilkades di Bantul, Ada Ayah Lawan Anak dan Suami Lawan Istri
Ilustrasi pilkades. (Foto: Istimewa)

BANTUL, iNews.id – Pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Bantul yang akan dilaksanakan pada 27 Desember mendatang bakal diwarnai pertarungan unik. Dari 24 desa yang menggelar pilkades, ada dua desa yang diikuti calon yang masih satu rumah.

Di Desa Bangunjiwo Kecamatan Kasihan, ada dua calon yang maju. Mereka yakni kades incumbent Parja yang akan melawan Deny Fajar Sulistyo yang merupakan anaknya. Sedangkan di Desa Pendowoharjo Kecamatan Sewon, Hilmi Hakimudin akan bertarung melawan istrinya, Faiqoh.

Kades Bangunjiwo Parja mengatakan, dirinya masih satu rumah dengan Deny anaknya yang juga maju dalam pilkades nanti. Mereka tinggal di RT 07 Pedukuhan Kalirandu, Bangunjiwo. Sejak masa pendaftaran tidak ada calon lain yang maju mendaftar.

“Kita sudah tawarkan kepada warga, tetapi tidak ada yang mendaftar,” katanya.

Lantaran hanya satu calon, akhirnya Deny ikut mendaftarkan diri. Hal itu dilakukan agar pelaksanaan pilkades tidak perlu diundur. Sebab jika hanya ada satu calon akan dilaksanakan pada 2021.

“Kami sudah ditetapkan saya nomor urut satu dan Deny nomor dua,” katanya.

Sementata itu Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa, Setda Bantul Kurniantoro mengatakan, tidak hanya ayah dan anak yang maju dalam pilkades. Namun di Bangunharjo, juga ada pasangan suami istri.

“Meski suami istri tidak masalah, yang penting lolos persyaratan,” katanya.

Para calon kepala desa ini pun sudah ditetapkan dan dilakukan pengundian nomor urut. Sedangkan tahapan pilkades akan dilanjutkan setelah pelaksanaan pilkada Bantul pada 9 Desember mendatang.

“Kami sudah mempersiapkan 558 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di semua wilayah," katanya




Editor : Kuntadi Kuntadi