Polda DIY Bongkar Kasus Peredaran BBM Subsidi Ilegal Bermodus Modifikasi Truk Tangki

Kuntadi ยท Rabu, 27 November 2019 - 15:45:00 WIB
Polda DIY Bongkar Kasus Peredaran BBM Subsidi Ilegal Bermodus Modifikasi Truk Tangki
Polisi mengungkap kasus peredaran BBM Ilegal untuk kepentingan industri. (Foto: iNews.id/Kuntadi).

SLEMAN,iNews.id - Polisi membongkar dugaan kasus peredaran bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi ilegal untuk keperluan industri. Tiga orang diamankan serta satu unit truk tangki berisi 8.000 liter solar sebagai barang bukti.

Ketiga pelaku masing-masing berinisial SS (40), warga Kabupaten Demak, EP (30) dan LS (42) warga Kota Semarang. Dalam aksinya para pelaku membeli minyak bio solar di SPBU dan dijual untuk keperluan industri.

"Bisnis BBM ilegal ini dilakukan para tersangka kurang lebih satu tahun terakhir," kata Dirreskrimsus Polda DIY, Kombes Pol Tony Surya Putra, di Mapolda DIY, Kabupaten Sleman, Rabu (27/11/2019).

Menurut dia, modus tersangka yakni membeli BBM bersubsidi di sejumlah SPBU dengan truk yang sebelumnya telah dimodifikasi, sehingga mampu menampung hingga ribuan liter solar.

Sopir truk yakni EP dan LS mendatangi SPBU seolah-olah mengisi BBM seperti biasa untuk kepentingan transportasi. Padahal BBM disimpan di sebuah drum penampungan yang kemudian disedot untuk dimasukkan ke dalam tangki.

"Pelaku menjual BBM tersebut ke sejumlah pelaku industri dengan harga Rp7.600 per liter," ujar dia.

Sementara itu Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yulianto mengatakan, kasus ini terungkap pada pertengahan bulan lalu. Petugas mendapatkan informasi adanya penyelewengan solar bersubsidi.

"Dari informasi itulah petugas melakukan penyelidikan dan menemukan truk tangki bertuliskan PT AOG melintas di Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo," kata Yulianto.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal