Polda DIY Bongkar Komplotan Pencuri Mobil Pikap, 6 Orang Ditangkap

Kuntadi ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 16:47 WIB
Polda DIY Bongkar Komplotan Pencuri Mobil Pikap, 6 Orang Ditangkap
Polda DIY berhasil mengungkap kasus pencurian mobil, enam orang diamankan. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

BANTUL, iNews.id – Jaringan pencurian mobil yang kerap beraksi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil dibekuk petugas Satreskrim Polda DIY bersama Polres Bantul. Empat orang berhasil diamankan berikut dua penadah. Kini polisi masih melakukan penyelidikan intensif.

“Semuanya ada enam tersangka, empat orang pemetik dan pemilik bengkel dan dua menjadi penadah,” kata Direskrimmum Polda DIY, Kombes Pol Burkan Rudi Satya, di Mapolres Bantul, Jumat (10/7/2020).

Empat pelaku yang diamankan MAP (33) warga Cilacap, SUS (46) warga Bumiayu, N (46) warga Pemalang dan AR warga Purbalingga. Sebelumnya mereka melakukan tiga kali pencurian, dua di Kulonpogo dan satu TKP di Bantul. Sedangkan dua orang penadah merupakan bapak dan anak.

“Empat orang pemetik merupakan residivis,” kata Burkan.

Pengungkapan kasus ini berawal, dari kasus pencurian mobil pikap di Bantul pada 1 Juli lalu. Selang beberapa hari ada lagi kasus pencurian pikap di Pasar Wates Kulonprogo. Dari pemeriksaan dan penyelidikan, petugas berhasil mengidentifikasi para pelaku. Mereka diamankan pada Kamis (9/7/2020) malam.

“Mereka ini mengincar mobil pikap, yang sistem pengamannya masih sederhana,” kata dia.

Dalam aksi para pelaku ini membuka mobil dengan menggunakan kunci palsu. Begitu masuk mereka akan mengganti soket kunci kontak dengan yang sudah dibawa. Setelah mesin berhasil dihidupkan mereka kabur dan membawanya ke Purbalingga untuk dipereteli.

Saat di bengkel, para pelaku mengganti nomor rangka dan nomor mobil ini dengan mobil pickap lama yang ada STNK-nya. Selanjutnya dijual dengan harga Rp15 juta per unit.

“Jadi mobil itu baru tetapi STNK-nya lama. Kita juga temukan banyak nopol palsu dan sasis,” katanya.

Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yulianto mengatakan, komplotan ini sudah cukup ahli. Setiap mencuri mobil dilakukan tidak lebih dari lima menit.

“Rata-rata hanya 1 sampai 5 menit, mobil sudah berhasil dibawa kabur,” katanya.

Polisi mengamankan tujuh unit mobil sebagai barang bukti, empat merupakan hasil curian dan tiga merupakan kendaraan operasional. Mereka akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara.


Editor : Kuntadi Kuntadi