Polisi Tembak Mati 6 Anggota FPI, Komnas HAM Bertekad Ungkap Sebenar-benarnya

Riezky Maulana ยท Senin, 14 Desember 2020 - 23:50:00 WIB
Polisi Tembak Mati 6 Anggota FPI, Komnas HAM Bertekad Ungkap Sebenar-benarnya
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik. (Foto: Sindo Media)

JAKARTA, iNews.id - Enam anggota FPI ditembak mati Polisi. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) tengah mengumpulkan informasi, data dan fakta mengenai hal ini. Komnas HAM bertekad mengungkap kasus ini sebenar-benarnya.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan, tugas utama Komnas HAM, yaitu menginvestigasi agar kasus ini bisa terungkap secara terbuka. Apalagi, kata dia ada permintaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Komnas HAM untuk membantu mengusut kasus ini.

"Bayangkan saja Presiden sampai memberikan atensi khusus mempercayakan komnas HAM. Bagi kami itu satu tantangan yang berat. Kami harus mengungkap yang sebenar-benarnya," ujar Taufan di Jakarta, Senin (14/12/2020).

Dia menuturkan, telah meminta keterangan dari sejumlah saksi. Siapa saja saksi itu dia tidak mengungkapkan secara detail. "Komnas HAM dengan mandat yang ada sebagai lembaga negara independen menelusuri menurut data, informasi yang kami kumpulkan sendiri. Nanti kami kroscek juga kepada pihak kepolisian, pihak lain, termasuk saksi-saksi lapangan yang sudah kami temui," tuturnya. 

Dalam kasus ini, Komnas HAM telah memanggil Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. Polda Metro Jaya, kata dia akan kooperatif dan terbuka atas proses investigasi yang dilakukan oleh Komnas HAM.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: