Polres Bantul Gulung 3 Pencuri Spesialis Rokok, 1 Masih Buron

erfan erlin ยท Selasa, 21 Juni 2022 - 16:22:00 WIB
Polres Bantul Gulung 3 Pencuri Spesialis Rokok, 1 Masih Buron
Kapolres Bantul AKBP Ichsan menunjukkan tersangka dan barang bukti rokok curian. (foto: MPI/Erfan Erlin)

BANTUL, iNews.id - Satreskrim Polres Bantul berhasil mengungkap aksi pencurian rokok di Pasar Angkruksari Kapanewon Kretek, Bantul yang viral di media sosial. Tiga orang pelaku ditangkap dan satu lagi masih menjadi buronan

Tiga pelaku yang diamankan, AN (34) dan VS (50) asal Bekasi, Jawa Barat dan KN (47) asal Indramayu, Jawa Barat. AN dan VS merupakan residivis pencurian rokok dan pernah menjalani hukuman pada 2008 dan 2019.  

“Komplotan ini ada empat orang, satu yang menjadi sopir kabur dan menjadi buronan,” kata Kapolres Bantul Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ihsan, Selasa (21/6/2022).

Kelompok ini melakukan aksi pencurian rokok tiga kali dalam kurun waktu 5 bulan dengan sasaran yang sama. Aksi pencurian pertama terjadi tanggal 7 Februari 2022 dan kedua tanggal 12  Juni 2022 dan yang ketiga 13 Juni 2022. Mereka ditangkap pada 14 Juni di sebuah rest area Cipali, Jawa Barat.

Pascakejadian, polisi sempat kesulitan mengungkap karena minimnya saksi. Namun dari hasil olah TKP dan rekaman CCTV, polisi berhasil mengidentifikasi pelaku. Polisi langsung mengejar pelaku ke Surabaya. Sampai Surabaya pelaku sudah kembali ke Jakarta dan dilakukan pengejaran. 

“Sebelum beraksi mereka melakukan mapping selama dua sampai tiga hari. Mereka menginap di kawasan Parangtritis,” katanya.  

Pasar Angkruksari sebenarnya dilengkapi penjaga malam. Namun karena di atas dini hari mereka sudah pulang dan dimanfaatkan pelaku untuk beraksi.     

Tersangka mengaku memilih mencuri rokok karena mudah diambil dan harganya mahal. Rokok itu selanjutnya dijual di pasar tradisional di tempat mereka tinggal.  

"Hasilnya untuk hidup sehari-hari," kata dia.

Para pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara. Polisi juga mengamankan 300 bungkus rokok dan karung plastik.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: