Polres Sleman Ungkap Kasus Pembuangan Bayi, Pelaku Sepasang Kekasih

Kuntadi ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 14:17 WIB
Polres Sleman Ungkap Kasus Pembuangan Bayi, Pelaku Sepasang Kekasih
Polres Sleman mengungkap pelaku pembuangan bayi di Prambanan. Foto : Humas Polres Sleman

SLEMAN, iNews.id – Satreskrim Polres Sleman, berhasil mengungkap pelaku pembuangan bayi perempuan di tepi jalan di wilayah Bokoharjo, Prambanan pada Minggu (14/6/2020) lalu. Dua orang yang merupakan orang tua bayi ini ditetapkan sebagai tersangka.

“Kita sudah amankan dua pelaku yang merupakan sepasang kekasih,” kata Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Deni Irwansyah, Selasa (23/6/2020).

Dua tersangka ini adalah A (21) yang merupakan ayah dari bayi dan M (20) ibu bayi yang merupakan warga Jawa Tengah. Mereka merupakan pasangan kekasih. Belakangan M hamil, hingga akhirnya pada 12 Juni lalu melahirkan bayi perempuan di sebuah rumah sakit di Jawa Tengah.

Selang dua hari, ibu dan bayinya sudah diperbolehkan pulang. Awalnya mereka hendak menitipkan bayi ini ke salah satu kerabatnya yang ada di Yogyakarta, lantaran tidak ingin kehamilan hingga anaknya yang lahir diketahui orang tuanya. Namun dalam perjalanan mereka terlibat cekcok, hingga akhirnya meninggalkan bayi di salah satu rumah warga di Prambanan pada dini hari.

“Mereka meninggalkan bayi di salah satu rumah, dengan harapan ada yang merawat bayi ini,” katanya.

Setelah ada penemuan bayi ini, polisi melakukan penyelidikan dan berhasil mengetahui identitas kedua pelaku. Kedua pelaku akan dijerat dengan Pasal 76 Jo 77B UU RI No.17 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UURI No23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak Jo Pasal 308 Sub Pasal 304 Sub Pasal 305 KUH Pidana dengan ancaman penjara maksimal 5 tahun.

Polisi juga mengamankan barang bukti berupa, 1 buah selimut bayi, 1 buah bantal, 1 buah perlak, 2 gelang Identitas bayi yang tertera nama ibunya, 1 lembar FC surat kelahiran. Selain itu mobil yang dipakai kedua pelaku.

Sebelumnya, bayi perempuan yang berusia tiga hari ditemukan warga yang tengah berolahraga pagi. Penemuan ini dilaporkan ke polisi dan diikuti dengan penyelidikan. Sedangkan bayinya dirawat di RSUD Prambanan Sleman.


Editor : Kuntadi Kuntadi