Polsek Kokap Bubarkan Balapan Liar di Waduk Sermo

Budi Utomo ยท Minggu, 10 Mei 2020 - 13:32 WIB
Polsek Kokap Bubarkan Balapan Liar di Waduk Sermo
Petugas Polsek Kokap membina para pemuda yang nongkrong dan melakukan balap liar di Waduk Sermo

KULONPROGO,iNews.id – Anggota dari Polsek Kokap Kulonprogo, membubarkan kerumunan anak-anak muda di seputar obyek wisata Waduk Sermo, Minggu (10/5/2020). Selama bulan puasa, tempat ini menjadi lokasi favorit bagi remaja untuk balap liar usai Salat Subuh.

Kedatangan petugas dengan kendaraan dinas, dari tiga arah, membuat sejumlah pemuda langsung kabur. Mereka berupaya melarikan diri, dari kejaran petugas. Namun ada beberapa yang tetap tertangkap dan diperiksa kelengkapan surat-suratnya.

“Tempat ini menjadi lokasi balap liar, dan hari ini kita bubarkan,” tutur Kapolsek Kokap, AKP Sujarwo.

Penertiban ini dilakukan, karena banyak laporan yang masuk. Warga resah dengan aktivitas anak-anak muda memacu kendaraannya. Mereka tidak mengenakan helm, dan juga berkerumun di tengah pandemi Covid-19.

“Beberapa pengendara kita tilang dan ada satu motor kita amankan,” ujarnya.

Dari pengakuan yang tertangkap, kata Sujarwo mereka tidak melakukan balap liar. Hanya melakukan aksi freestyle, dengan sepeda motor. Beberapa motor tidak standar dan tidak dilengkapi pengaman.

Dalam operasi ini, petugas juga memberikan himbauan kepada para pemuda untuk mentaati maklumat Kapolri terkait dengan pandemi Covid-19. Diantaranya agar senantiasa menjaga jarak, mengenakan masker dan berada tetap berada di rumah. Jika tidak ada urusan penting disarankan untuk tidak keluar rumah.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, petugas kepolisian akan lebih intensif dalam menggelar rasia. Petugas juga akan melakukan patroli rutin untuk menjaga keamanan wilayah.


Editor : Kuntadi Kuntadi