Progres Pembangunan Jalur Kereta Bandara YIA Sudah 95.59 persen

Kuntadi ยท Jumat, 02 April 2021 - 23:53:00 WIB
Progres Pembangunan Jalur Kereta Bandara YIA Sudah 95.59 persen
Pembangunan jalur kereta bandara YIA terus dikebut untuk mengejar target Juli beroperasi. (foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id – Progres pembangunan jalur kereta bandara Internasional Yogyakarta (Bandara YIA) mencapai 95,59 persen. Pekerjaan melanjutkan pada pemasangan trek dan penyelesaian strauktur, agar pada bulan Juli sudah bisa dioperasionalkan.  

“Pekan kemarin kami sudah memasang jembatan, progresnya sudah sekitar 85,59 persen,” kata PPK Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Area 1 Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Dheky Martin, Jumat (2/4/2021).

Setelah jembatan terpasang, akan dilanjutkan dengan pemasangan trek jalur kereta api. Selain itu juga dilakukan penyelesaian struktus fisik yang menjadi prioritas pelaksanaan pekerjaan, seperti pengecoran untuk parapet, ballast tower kemudian baru bisa dilanjutkan dengan pekerjaan pengisian batu balast dan pengisian trek. 

Jalur ini nantinya akan menggunakan konsep dua jalur. Pemasangan overkaping masuk di wilauyah PT Angkasa Pura I yang disesuaikan dengan landscape disana. Sedangkan tiang ring satu ditargetkan selesai dibangun pada bulan April ini.  

“Untuk pemasang rel, dilakukan pada awal bulan April,  menggunakan batu balast,” katanya. 

Desain kereta Bandara juga sudah disesuaikan dengan jalur KA reguler. Artinya, jalur ini bisa dilalui dengan kereta lokomotif meskipun nantinya pengoperasian menggunakan kereta rel listrik (KRL) dan kereta rel diesel (KRD) 

Editor : Kuntadi Kuntadi