PTM Darurat di SD Negeri Beji Gunungkidul, Atap Sekolah Bocor Ditutup dengan Terpal

Kismaya Wibowo ยท Kamis, 13 Januari 2022 - 10:10:00 WIB
PTM Darurat di SD Negeri Beji Gunungkidul, Atap Sekolah Bocor Ditutup dengan Terpal
Beginilah kondisi SD Negeri Beji di Patuk Gunungkidul. Sekolah menutup bagian atap dengan terpal karena bocor. (foto: istimewa)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Bangunan SD Negeri Beji di Kapanewon Patuk, Gunungkidul dalam kondisi rusak.  Sekolah terpaksa menutup atap sekolah menggunakan terpal, agar pembelajaran tatap muka (PTM) tetap berjalan.

Sekolah ini memiliki 86 siswa yang terbagi dalam enam kelas. Renovasi sekolah terakhir dilakukan pada 2006 silam setelah kejadian gempa yang melanda wilayah DIY. Saat itu ada penggantian genting dan perbaikan pada bagian atap.  

“Hujan lebat yang kerap menguyur menjadikan beberapa atap bocor dan menjebol plafon ,” kata Kepala SDN Beji, Patuk, Gunungkidul, Jumariyah, Kamis (13/1/2022). 

Untuk mengantisipasi kerusakan yang semakin parah, sekolah memasang terpal untuk menutup bagian atas sekolah. Hal ini dilakukan karena hujan deras masih sering mengguyur wilayah ini dalam beberapa hari belakangan ini. 

“Karena sekarang sudah PTM makanya untuk bagian atap kami tutup dengan terpal agar tidak membahayakan siswa,” ujarnya.  

Bocornya atap sekolah mengakibatkan air hujan masuk ke ruang kelas. Beberapa fasilitas sekolah seperti LCD untuk pembelajaran siswa kelas 6 rusak. Begitu juga plafon di ruang IT juga jebol.  

“Kami sudah melaporkan ini ke dinas dan mengupayakan segera ada anggaran perbaikan. Namun sampai saat ini belum ada realisasinya,” katanya. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: