Puluhan Orang Keracunan Usai Santap Nasi Soto di Posyandu Yogyakarta

Gunanto Farhan ยท Rabu, 19 September 2018 - 18:07 WIB
Puluhan Orang Keracunan Usai Santap Nasi Soto di Posyandu Yogyakarta
Sejumlah korban keracunan nasi soto dirawat di RS Jogja. (Foto: iNews.id/Gunanto Farhan)

YOGYAKARTA, iNews.id – Puluhan warga Lowanu, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta mengalami keracunan massal setelah menyantap nasi soto yang disajikan dalam pertemuan posyandu di wilayah tersebut, Rabu (19/9/2018).

Puluhan korban yang terdiri atas orang dewasa, manula, hingga anak-anak ini mengalami gejala mual dan muntah, serta pusing kepala. Khawatir terjadi sesuatu, mereka kemudian dibawa ke Rumah Sakit (RS) Jogja untuk mendapat perawatan medis.

Seorang korban keracunan, Suratman mengaku mengalami mual-mual, pusing kepala dan muntah-muntah setelah menyantap nasi soto, serta minuman sari kacang hijau. Makanan dan minuman tersebut diberikan secara cuma-cuma dalam pertemuan Posyandu di wilayahnya. “Yang saya rasakan itu perut mual, pusing kepala dan muntah-muntah,” katanya.

Direktur Rumah Sakit Jogja, Agus Sudrajat mengatakan, pihak rumah sakit telah menerima 32 pasien yang mengalami keracunan. Saat masuk rumah sakit, kondisi mereka memang sangat lemas dan diare akibat banyak kehilangan cairan. “Petugas kita menangani pasien ini diselamatkan dulu jiwanya agar tidak disertai penyakit ikutan lainnya,” katanya.

Disinggung penyebab keracunan, Agus mengaku belum bisa memastikan apakah dari makanan soto atau minuman kacang hijau. “Memang ada tanda-tanda keracunan namun penyebabnya apa masih diselidiki petugas kesehatan di lapangan,” ucapnya.

Kasus keracunan massal tersebut saat ini sudah ditangani Polresta Yogyakarta. Petugas juga meminta keterangan sejumlah saksi dan korban, serta membawa sampel makanan untuk dijadikan barang bukti.


Editor : Kastolani Marzuki