Puluhan Wisatawan di Pantai Parangtritis Disengat Ubur-ubur

Kuntadi ยท Senin, 15 Juni 2020 - 12:17 WIB
Puluhan Wisatawan di Pantai Parangtritis Disengat Ubur-ubur
Salah seorang wisatawan tersengat ubur-ubur

BANTUL, iNews.id – Sejumlah wisatawan di Pantai Parangtritis, Bantul terkena serangan ubur-ubur saat bermain air. Sejak akhir pekan kemarin, objek wisata andalan di Kabupaten Bantul ini mulai diserbu wisatawan.

“Kemarin ada puluhan wisatawan yang tersengar ubur-ubur karena bermain di air,” kata Bendahara SAR Satlinmas Korwil III, Kabupaten Bantul, Rini Sulistyawati, Senin (15/6/2020).

Ubur-ubur beracun biasanya muncul pada bulan Juli sampai dengan Agustus. Biasanya tentakel ubur-ubur ini akan menyengat ketika bersentuhan dengan tubuh manusia. Akibatnya yang terkena akan merasakan panas dan perih. Untuk mengobati akan diberikan salep dan cairan hangat.

Bagi wisatawan yang memiliki riwayat asma, disarankan untuk tidak bermain air. Jika terkena sengatan ini akan mengalami sesak napas. Oleh tim SAR akan dilarikan ke puskesmas untuk mendapatkan perawatan medis.

“Ubur-ubur ini berbentuk biru dan gelembung jadi banyak yang tertarik menyentuh,” ujarnya.

Saat ini objek wisata Parangtritis sebenarnya belum dibuka Bagi wisatawan. Namun banyak yang nekat dan menerobos untuk masuk. Petugas terus mengingatkan wisatawan untuk menerapkan protokol Covid-19. Bagi yang tidak menggunakan masker diminta untuk balik.

“Jangan sampai ada klaster baru, makanya protokol Covid-19 diterapkan,” katanya.

Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan, telah melakukan sosialisasi terkait persiapan pelaksanaan new normal di objek wisata. Mereka telah memasang dua wastafel untuk wisatawan yang datang.


Editor : Kuntadi Kuntadi