Ramai, Begini Penampakan Malioboro Dipadati Wisatawan di Akhir Pekan

Heru Trijoko ยท Minggu, 23 Agustus 2020 - 10:39:00 WIB
Ramai, Begini Penampakan Malioboro Dipadati Wisatawan di Akhir Pekan
Pengunjung kawasan Malioboro Yogyakarta, Minggu (23/8/2020). (Foto: iNews/Heru Trijoko)

YOGYAKARTA, iNews.id - Ribuan wisatawan memanfaatkan sisa libur panjang dengan memadati kawasan wisata Malioboro Yogyakarta, Minggu 23/8/2020). Sejumlah wisawatan wajib mengikuti persyarat prokotol kesehatan.

Pemerintah Kota (pemkot) Yogyakarta telah membagi Malioboro menjadi lima zonasi. Petugas di lokasi sekitar juga ditambah untuk mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan.

Dari pantauan iNews, ratusan kendaraan roda empat dengan plat luar kota memadati sepanjang ruas jalan Malioboro hingga kawasan titik nol kilometer. Pengunjung yang hendak masuk juga diwajibkan mengisi data identitas dengan scan barcode (QR) bagi pengunjung melalui smartphone mereka masing-masing.

Dengan sistem scan barcode itu, data pengunjung akan bisa termonitor dan tersimpan secara otomatis ke server pemerintah kota Yogya. Langkah ini memudahkan pemantauan atau tracing jika ditemukan kasus Covid-19.

Salah satu wisatwan asal Bandung, Jihan mengaku tidak masalah dengan sederet aturan dari Pemkot Yogya. Menurutnya aktivitas itu masih bisa dilakukan dengan mudah.

"Kalau sekarang kita jalan-jalan kita scan dulu ini, kita isi datanya biar aman saja ngikuti protokol kesehatannya saja. Enggak keberatan isi-isi ini doang mah gampang mah," kata Jihan.

Wali Wali Kota Yogya, Heroe Purwadi mengatakan, jumlah petugas keamanan yang ditempatkan di 5 zona di kawasan Malioboro lebih dari 300 orang. Mereka terdiri atas unsur TNI-Porli, Satpol PP dan Jogoboro.

"Yang pentingkan semua pemantauannya terpenuhi. Nah dari 219 titik paling banyak dominan berada di Malioboro," katanya.

Selain penerapan protokol kesehatan secara ketat, Pemkot Yogya juga memberlakukan jalur pedestrian satu arah. Pejalan kaki dari arah utara wajib berjalan melewati jalur sisi timur jalan Maliboro. Sedang pejalan kaki dari arah selatan wajib melalui sisi barat jalan Malioboro.

Editor : Nani Suherni