Rapid Test Acak 602 Warga Yogyakarta, Gugus Tugas: Tak Ada Kasus Positif

Antara ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 13:07 WIB
Rapid Test Acak 602 Warga Yogyakarta, Gugus Tugas: Tak Ada Kasus Positif
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meninjau Rapid Test di Puskemas Danurejan II, Rabu (17/6/2020). (Foto: Dok Humas Pemkot Yogya)

YOGYAKARTA, iNews.id - Gugus Tugas Covid-19 Kota Yogyakarta kembali melakukan rapid test acak terhadap 602 orang. Tidak ada kasus positif Covid-19 yang ditemukan, meski ada 14 orang yang mendapat hasil reaktif.

"Tidak ada temuan kasus positif Covid-19 dari tes cepat acak di masyarakat," kata Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Sabtu (27/6/2020).

Menurut Heroe, Gugus Tugas tetap memberlakukan protokol penanganan kasus saat menemukan 14 warga reaktif dari hasil rapid test tersebut. Gugus Tugas mengarahkan 14 orang tersebut untuk melakukan karantina. Berikutnya melakukan tes swab, dan setelah dinyatakan negatif bisa kembali ke rumahnya masing-masing.

Wakil Wali Kota Yogyakarta ini menuturkan, rapid test acak kepada 602 warga Kota Yogyakarta tersebut menyasar berbagai orang di tempat keramaian. Mereka yang menjalani rapid test itu di antaranya pedagang pasar, pekerja di pusat perbelanjaan, termasuk juga mereka yang bekerja di restoran dan kafe.

Menurut Heroe, rapid test acak ini sebagai bentuk screening awal untuk mengetahui penyebaran virus corona di masyarakat. Selain untuk kebutuhan screening, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta juga melakukan rapid test dengan tujuan tracing.

Heroe menambahkan, total sudah 2.430 rapid test yang sudah dilakukan Gugus Tugas untuk tracing dan screening. Dari jumlah itu sebanyak 65 orang mendapat hasil reaktif.

Sedangkan yang dilakukan oleh masyarakat secara mandiri di laboratorium dan rumah sakit tercatat sebanyak 2.818 rapid test, dengan enam orang di antaranya reaktif. "Ada yang melakukan uji swab satu orang dan hasilnya negatif," katanya.


Editor : Reza Yunanto