Ratusan Masjid dan Puluhan Gereja di Yogyakarta Kembali Dibuka untuk Peribadatan

Kuntadi ยท Senin, 27 Juli 2020 - 16:44 WIB
Ratusan Masjid dan Puluhan Gereja di Yogyakarta Kembali Dibuka untuk Peribadatan
wakil wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi

YOGYAKARTA, iNews.id – Ratusan masjid dan gereja yang ada di Kota Yogyakarta kembali dibuka untuk kegiatan peribadatan. Pembukaan dilakukan dengan mendasarkan pada izin ataupun rekomendasi yang diberikan oleh gugus tugas penanganan Covid-19.

“Ada 21 gereja yang sudah kita izinkan melaksanakan peribadatan dan empat masjid tingkat kota,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Senin (27/7/2020).

Sedangkan untuk masjid di tingkat kecamatan ada 157 masjid yang sudah mendapatkan izin. Selain itu ada 10 musala dan 4 gereja. Izin dikeluarkan oleh camat sebagai ketua gugus tugas di tingkat kecamatan sesuai dengan tingkatan yang ada.

“Izin itu dikeluarkan sesuai lingkup dan wilayahnya, seperti di provinsi ada Masjid Gede Kauman dan Masjid Gede Pakualaman,” katanya.

Heroe mengatakan, untuk mendapatkan izin, pengurus tempat ibadah bisa mengajukan permohonan kepada gugus tugas. Nantinya akan diverifikasi dengan melihat skema dan alur protokol kesehatan. Setiap tempat ibadah juga harus memiliki satgas Covid-19.

“Pasti akan diverifikasi di lapangan, nantinya akan disertai diskusi dan saran agar protokol kesehatan bisa lebih baik,” katanya.

Beberapa persyaratan ini, terdiri atas penanggungjawab kegiatan, satgas Covid-19 dan melakukan screening. Maksimal kapasitasnya 50 persen dan melakukan pola jaga jarak. Akan lebih baik jika ada alur keluar masuk dibuat terpisah.

“Selama ini pengajuan baru dari gereja dan masjid, untuk tempat ibadah lain belum ada,” katanya.




Editor : Kuntadi Kuntadi