Realisasi PAD Sektor Wisata di Gunungkidul Tembus Rp10,18 Miliar

Antara ยท Senin, 06 Juni 2022 - 16:21:00 WIB
Realisasi PAD Sektor Wisata di Gunungkidul Tembus Rp10,18 Miliar
Wisatawan memadati objek wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul. (Foto : HO-SAR Satlinmas Baron)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Sektor pariwisata di Kabupaten Gunungkidul terus menggeliat. Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp10,18 miliar dari target Rp27 miliar pada 2022. 

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Mohamad Arif Aldian mengatakan, pada 2022 target kunjungan wisatawan mencapai 3,77 juta orang dengan nilai PAD Rp27 Miliar. Realisasi saat ini sudah Rp1,4 miliar dengan total pengunjung 1,4 juta orang. 

“Sebagian besar wisatawan di objek wisata pantai, bahkan sekitar 90 persen,” katanya. 

Aldian optimistis target PAD akan tercapai dari sektor pariwisata. Dengan catatan kondisi ekonomi semakin baik dan tidak ada lagi kasus Covid-19 yang berujung penutupan destinasi wisata. 

Dinas Pariwisata juga terus berupaya meningkatkan jumlah wisatawan. Salah satunya dengan mempromosikan destinasi wisata termasuk desa wisata dan menyelenggarakan kegiatan seperti Weekend Fest di Nglanggeran.

"Kami juga bekerja sama dengan pemangku kepentingan yang lain untuk mempromosikan pariwisata di Gunungkidul," katanya.

Dispar juga melaksanakan upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pelaku wisata. Mulai dari pokdarwis dan pengelola desa wisata baik dalam tata kelola maupun dalam peningkatan kapasitas SDM lainnya.

"Kami berharap peningkatan SDM pelaku wisata akan mendukung dalam pelayanan kepada wisatawan di destinasi wisata," katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: