Rudal HIMARS Ukraina Diperkirakan Habis 3 Bulan Lagi

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 13 Agustus 2022 - 22:10:00 WIB
  Rudal HIMARS Ukraina Diperkirakan Habis 3 Bulan Lagi
Sistem Roket HIMARS milik Ukraina diperkirakan habis tiga hingga empat bulan lagi. (Foto : Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) milik Ukraina sangat efektif untuk melawan tentara Rusia. Sayangnya persediaan rudal bantuan Amerika Serikat (AS) itu diperkirakan segera habis.

Dalam tiga hingga empat bulan ke depan senjata canggih itu akan habis di tengah operasi militer Rusia di negara bekas Uni Soviet itu.

Ini disampaikan dalam laporan Newsweek pada Jumat (12/8/2022), yang  mengutip purnawirawan Korps Marinir AS, Kolonel Mark Cancian. 

Dia yakin, pada beberapa titik, Amerika Serikat harus mengurangi jumlah rudal HIMARS yang dipasok ke Ukraina demi mencegah menipisnya persediaan untuk Washington DC sendiri. 

Menurut dia, para pejabat sipil dan militer AS harus mencapai kesepakatan tentang masalah itu.

Cancian menuturkan, waktu tiga hingga empat baru berupa prediksi kasarnya saja. Beberapa kalangan bahkan memperkirakan pasokan rudal HIMARS di Ukraina akan bertahan sekitar satu bulan saja. 

Akan tetapi, dia tidak berpikir Ukraina bakal menembakkan rudal-rudal kiriman AS secepat itu.

Cancian mengatakan, berdasarkan perkiraannya, Amerika Serikat telah memproduksi sekitar 50.000 rudal sejak 2004, ketika produksi dimulai. Sementara itu, sebanyak 5.800 rudal akan diperoleh sepanjang tahun ini saja.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: