Sapi di Bantul Mengamuk dan Rusak Kerangka Besi saat Akan Disembelih

Trisna Purwoko ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 09:12 WIB
Sapi di Bantul Mengamuk dan Rusak Kerangka Besi saat Akan Disembelih
Seekor sapi kurban di Masjid Al-Hikmah Gonjen, Bantul, DIY mengamuk saat akan disembelih (Foto: iNews/Trisna Purwoko)

BANTUL, iNews.id - Seekor sapi kurban berontak dan merusak besi kerangka saat akan disembelih di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sapi kurban yang telah terikat pada besi kerangka tersebut akhirnya berhasil direbahkan belasan orang.

Sejak setahun lalu, pengurus takmir masjid di Bantul memiliki cara khusus menyembelih sapi kurban. Untuk memudahkan penyembelihan, hewan direbahkan. Mereka tidak menggunakan cara manual, namun membuat kerangka besi yang dilengkapi roda untuk membantu memudahkan upaya merebahkan sapi sehingga tidak menyakiti dan menyiksa sapi kurban.

Tapi, seekor sapi kurban di Masjid Al-Hikmah Gonjen, Bantul ini sempat membuat repot panitia kurban setempat. Sebagian kakinya sudah terikat pada kerangka besi, namun sapi kurban yang berukuran cukup besar tersebut sempat berontak sehingga merusak kerangka besi.

Sejumlah warga berusaha menjaga agar sapi tidak lepas dari kerangka besi dengan menggunakan tali. Setelah sempat ditenangkan, belasan orang warga akhirnya berhasil merebahkan sapi yang terikat pada kerangka besi dan mendorongnya ke lokasi penyembelihan.

"Pakai alat ini tidak menyiksa sapi. Tapi ini mungkin karena masih panik. Alhamdulillah bisa kami atasi," kata Takmir Masjid Al-Hikmah Gonjen, Bantul, Supardi.


Editor : Nani Suherni