Satu Tenaga Kesehatan di Kulonprogo Positif Covid-19

Kuntadi ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 15:57 WIB
Satu Tenaga Kesehatan di Kulonprogo Positif Covid-19
ilustrasi virus corona: iNews.id

KULONPROGO, iNews.id – Kasus covid-19 di Kabupaten Kulonprogo bertambah dua menjadi 18 kasus. Salah satu pasien merupakan tenaga kesehatan yang bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Bantul.

“Hari ini ada penambahan dua kasus positif Covid-19,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Pemkab Kulonprogo dalam Penanganan Covid-19, Baning Rahayujati, Selasa (7/7/2020).

Penambahan dua pasien ini, terdiri atas kasus KP-17 laki-laki 3,5 tahun warga Pengasih, Kulonprogo yang melakukan kontak erat dengan kasus KP-16. Kondisi kesehatannya cukup bagus dan merupakan orang tanpa gejala dan sudah menjalani isolasi di RSUD Wates.

Sedangkan kasus KP-18 merupakan perempuan (30) warga Lendah Kulonprogo yang merupakan tenaga kesehatan di salah satu rumah sakit di Bantul. Pasien ini juga melakukan kontak dengan suaminya yang bekerja di Sukoharjo, Jawa Tengah.

“Untuk pasien KP-18 diisolasi di rumah sakit di Bantul,” kata Baning.

Dinas Kesehatan Kulonprogo telah melakukan tracking terhadap kedua kasus baru ini. Hasilnya ada enam orang yang melakukan kontak erat dengan kasus KP-17 yang melakukan karantina mandiri di rumahnya. Sedangkan dari kasus KP-18, ada lima orang yang menjalani karantina mandiri di rumahnya.

“Besok pagi kita akan lanjutkan tracking,” katanya.

Rencananya seluruh karyawan puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kulonprogo juga akan menjalani tes swab dengan target sekitar 1.500 tenaga kesehatan.


Editor : Kuntadi Kuntadi