Sejahterakan Warga Kawasan Waduk Sermo, BKIPM Tebar 1,2 Juta Benih Ikan Tawes

Kuntadi ยท Selasa, 25 Juni 2019 - 03:10 WIB
Sejahterakan Warga Kawasan Waduk Sermo, BKIPM Tebar 1,2 Juta Benih Ikan Tawes
BKIPM Kementerian Kelautan dan Perikanan melepaskan jutaan ekor bibit ikan di Waduk Sermo, Kulonprogo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan melepaskan 1,2 juta benih ikan nilem dan tawes di Waduk Sermo, Kulonprogo, Senin (24/6/2019).

Restocking ini dilakukan untuk menjaga populasi ikan konsumsi, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala BKIPM Rina mengatakan, restocking ini dilakukan di Waduk Sermo lantaran ada sekitar 1.000 penduduk yang mata pencahariannya menggantungkan dari waduk tersebut. Sementara populasi ikan di waduk justru banyak terdapat ikan red devil yang merupakan ikan invasif.

Dalam setiap penangkapan, hampir 80 persen ikan yang tertangkap merupakan red devils yang harga jualnya hanya Rp5.000an. Sementara nilem dan tawes bisa mencapai Rp18.000 per kilogram.

“Harapan kita dengan restocking ini mampu menyediakan ikan konsumsi agar kesejahteraan masyarakat meningkat,” kata Rina.

Pelepasan 1,2 juta ikan ini menjadi rangkaian bulan bakti perikanan. BKPIM berharap pemerintah dan masyarakat ikut menjaga populasi ikan ini. Minimal membiarkan ikan-ikan tersebut selama tiga bulan untuk tumbuh. Setelahnya silahkan dipanen dengan menyisihkan sedikit penjualan untuk kembali membeli benih.

Red devils, kata Rina, sebenarnya merupakan ikan hias. Jika populasinya kecil akan bagus. Namun ketika banyak dan menjadi invasif akan menghabiskan ruang, makanan dan populasi ikan kecil. “Keberadaan pedagang ikan hias agar dimonitoring dan dipervisi, agar ikan ikan yang bersifat invasif tidak dilepas di perairan,” katanya.

Assek II Kulonprogo Bambang Tri Budi Harsono mengatakan penebaran benih ikan ini memberi spirit bagi masyarakat untuk melestarikan lingkungan. Setiap tahun, Pemkab Kulonprogo juga melakukan restocking ikan di Waduk Sermo. “Kita mendukung lomba penangkapan ikan red devil dan semoga menjadi agenda rutin tahunan,” ujarnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kulonprogo Sudarno mengatakan pihaknya sudah berupaya menebar benih ikan setia tahun meski terbatas. Bahkan para nelayan juga diberikan fasilitas pendukung. Baik sarana untuk penangkapan maupun budidaya, mulai kapal, jaring hingga benih.


Editor : Kastolani Marzuki