Sekeluarga di Gunungkidul Positif Covid-19, Penularan Berawal dari Sang Nenek

Suharjono ยท Sabtu, 11 Juli 2020 - 09:14 WIB
Sekeluarga di Gunungkidul Positif Covid-19, Penularan Berawal dari Sang Nenek
Ilustrasi pasien Covid-19 (dok iNews.id)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Sekeluarga di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang terdiri atas suami, istri, dan dua anak positif terjangkit Covid-19. Mereka tertular dari sang nenek yang lebih dulu dinyatakan positif Covid-19.

Kasus transmisi lokal ini diungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty. Menurutnya, keempat orang yang masih sekeluarga itu tinggal di Bejiharjo, Karangmojo. Mereka sempat kontak langsung dengan sang nenek yang tinggal di Kapanewon Nglipar.

"Untuk empat kasus ini memang sekeluarga berawal dari kasus di Kecamatan Nglipar beberapa waktu lalu," ujarn Dewi, Jumat (10/7/2020).

Dewi mengatakan, tim dinas kesehatan masih menelusuri orang-orang yang pernah kontak dengan sang nenek di Nglipar tersebut. Nenek tersebut diketahui tidak memiliki riwayat bepergian. Sehingga tim dinas kesehatan masih menelusuri dari mana asal penularan Covid-19 yang menjangkiti sang nenek.

"Kita terus tracing dengan swab bagai warga yang kontak langsung dengan pasien positif. Saat ini langsung swab, tidak lagi rapid test," katanya.

Selain empat orang sekeluarga itu, Gunungkidul kembali juga mencatat satu kasus positif baru yang berasal dari Kecamatan Wonosari.

Dengan penambahan lima kasus baru itu, total pasien positif di Gunungkidul kini mencapai 65 orang. Dari jumlah itu, 51 orang sudah sembuh, satu orang meninggal, dan 14 orang masih dirawat.


Editor : Reza Yunanto