Seluruh Bapaslon di DIY Diminta Tak Bawa Pendukung saat Pengundian Nomor Urut

Antara ยท Sabtu, 19 September 2020 - 11:42:00 WIB
Seluruh Bapaslon di DIY Diminta Tak Bawa Pendukung saat Pengundian Nomor Urut
Ilustrasi pilkada 2020. (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta seluruh bakal pasangan calon (bapaslon) tak membawa rombongan saat pengundian nomor urut. Imbauan itu untuk mencegah terjadinya kerumunan yang beresiko menyebarkan Covid-19.

"Kami upayakan untuk pengundian nomor urut di tiga kabupaten agar nanti bisa menyampaikan kembali kepada paslon untuk tidak perlu membawa rombongan," kata Ketua KPU DIY, Hamdan di kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Sabtu (19/9/2020).

Dia meminta masing-masing KPU penyelenggara Pilkada cukup mengundang para bapaslon yang terlibat pengundian saja. Pengundian nomor urut juga tidak perlu digelar secara meriah.

"Jadi cukup pihak-pihak yang terlibat dalam pengundian saja yang diundang sehingga tidak ada kerumunan yang tidak perlu," katanya.

Menurutnya, ada tiga fase krusial yang dapat memicu munculnya kerumunan pada tahapan pilkada mendatang. Mulai dari penetapan pasangan calon pada 23 September, pengundian nomor urut pada 24 September, hingga masa kampanye selama 71 hari.

"Intinya meminta semua pihak untuk menyampaikan kepada pasangan calon (paslon), kepada tim kampanye parpol, dan seterusnya untuk sama-sama menjaga dan menerapkan protokol pencegahan Covid-19," katanya.


Editor : Reza Yunanto