Sleman Siapkan Rumah Sakit Darurat Covid-19

Heru Trijoko · Minggu, 04 Juli 2021 - 10:11:00 WIB
Sleman Siapkan Rumah Sakit Darurat Covid-19
Pemkab Sleman menyiapkan RS darurat untuk Covid-19 di bangunan milik RS Medika Respati. Bisa menampung pasien Covid-19 untuk gejala ringan dan sedang. Foto: iNews.id/Heru Trijoko

SLEMAN, iNews.id - Sleman mulai menyiapkan rumah sakit (RS) darurat untuk pasien Covid-19. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pasien yang butuh perawatan mengingat banyak RS di Yogyakarta penuh, sementara kasus pasien positif di Sleman tinggi. 

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan, RS darurat penting karena memiliki kapasitas yang lebih besar dibanding shelter. RS darurat nantinya akan menangani kasus pasien dengan gejala ringan dan sedang.

"Nanti dokternya ada lima sedangkan perawatnya 25 orang. Harapannya ini bisa membantu masyarakat yang kena Covid-19," kata Kustini, Minggu (4/7/2021).

Pasien dengan status berat, akan dirujuk ke RS Sardjito. Untuk sementara, RS darurat yang didirikan di gedung milik RS Medika Respati memiliki kapasitas 50 pasien. Namun ke depannya ditargetkan bisa menampung 200 pasien.

"Karena RS ini belum dioperasionalkan sehingga keperluan di dalam difasilitasi Pemkab Sleman," ujar Kustini.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: