Sri Sultan Lantik Fajar Gegana Jadi Wabup Kulonprogo

Kuntadi · Kamis, 11 Juni 2020 - 11:30 WIB
Sri Sultan Lantik Fajar Gegana Jadi Wabup Kulonprogo
Pelantikan Fajar Gegana sebagai Wakil Bupati Kulonprogo sisa masa jabatan 2017-2022  di Gedong Pracimosono, Komplek Kepatihan Yogyakarta Kamis (11/06/2020). (Foto: iNews/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id - Gubernur DIY  Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik Fajar Gegana sebagai Wakil Bupati Kulonprogo sisa masa jabatan 2017-2022  di Gedong Pracimosono, Komplek Kepatihan Yogyakarta Kamis (11/06/2020). Fajar menggantikan Sutedjo yang menjadi Bupati Kulonprogo setelah ditinggalkan Hasto Wardoyo yang ditunjuk presiden menjadi kepala BKKBN.

Secara simbolis, pelantikan dilakukan dengan pengucapan sumpah dan janji sebagai Wabup Kulonprogo dipandu Sri Sultan. Dilanjutkan dengan penandatanganan berkas pelantikan dan pemasangan pangkat jabatan oleh Sri Sultan.

Dalam kesempatan ini, Fajar juga membacakan dan menandatangi pakta integritas disaksikan Gubernur DIY. Ikut hadir dalam pelantikan Bupati Kulonprogo Sutedjo, Ketua DPRD Akhid Nuryati dan pejabat Forkompinda Kulonprogo.

Sri Sultan dalam sambutannya mengatakan pelantikan ini untuk melengkapi kepemimpinan dengan bupati di Kabupaten Kulonprogo. Meski dalam pandemi Covid-19 tetap bisa melaksanakan dengan baik.

"Pelantikan ini bukan hanya mengisi, namun bagaimana bisa menunaikan amanah dari masyarakat," ujar Sultan.

Sultan minta dengan pelantikan ini, Fajar bisa berbuat lebih kepada masyarakat. Dia bukan lagi kader partai namun menjadi wakil bupati yang harus memikirkan nasib para warga secara lebih luas.

"Jangan tanya negara berbuat apa untuk anda, namun bagaimana anda berbuat untuk negara," ujarnya.


Editor : Nani Suherni