Status Merapi Siaga, 10 Lokasi Tambang Pasir Lereng Merapi Ditutup

Priyo Setyawan ยท Jumat, 06 November 2020 - 16:45:00 WIB
Status Merapi Siaga, 10 Lokasi Tambang Pasir Lereng Merapi Ditutup
Warga melintas di sekitar Sungai Gendol yang ada di lereng Merapi. (Foto: iNews.id/Priyo Setyawan)

SLEMAN, iNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menutup sejumlah lokasi penambangan pasir yang ada di aliran sungai yang berhulu di Gunung Merapi. Pemkab Sleman juga menyiapkan barak pengungsian, mengantisipasi erupsi setelah kenaikan status dari waspada ke siaga.

“Semua penambangan pasir dengan radius kurang dari lima kilometer kita tutup mulai hari ini,” kata Panewu Cangkringan, Sleman, Suparmono, Jumat (6/11/2020).

Di wilayah Cangkringan ada 14 lokasi penambangan pasir yang memiliki izin. Sebanyak 10 lokasi penambangan berada di aliran Sungai Gendol dengan radius di dalam 5 kilometer. Empat lokasi lain, ada 3 yang di aliran Sungai Gendol di radius lebih dari 5 kilometer dan satu di aliran Sungai Kuning.

“Kami laksanakan rekomendasi dan saran dari BPPTKG (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi) untuk dilakukan penutupan,” katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, dengan kenaikan status Merapi dari waspada ke siaga pemkab Sleman telah mengirimkan surat rekomendasi ke Balai Besar Wilayah Sungai Serayu dan Opak (BBWSO). Intinya meminta agar BBWSO menghentikan adanya aktivitas penambangan di Merapi.

“Keselamatan jauh lebih penting dibandingkan yang lain,” kata Sri Purnomo.

Editor : Kuntadi Kuntadi