Sultan Minta Kampus Susun SOP Protokol Kesehatan, Sebelum Perkuliahan Tatap Dimulai

Antara ยท Kamis, 07 Oktober 2021 - 20:41:00 WIB
Sultan Minta Kampus Susun SOP Protokol Kesehatan, Sebelum Perkuliahan Tatap Dimulai
Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X memberikan keterngan soal PPKM Darurat usai rakor dengan bupati dan walikota di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jumat (2/7/2021).

YOGYAKARTA, iNews.id – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X minta kepada kampus untuk menyiapkan standar operasional dan prosedur (SOP) sebelum melaksanakan perkuliahan tatap muka. Hal dirasa penting untuk mencegah penularan Covid-19 yang kasusnya sudah mulai melandai.

SOP ini perlu dipersiapkan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Yogyakarta, agar semuanya memiliki persamaan dalam persepsi. SOP ini juga harus ditaati dan dilaksanakan di kampus baik di kampus negeri maupun swasta. 

"Bagaimana lewat organisasi itu menyamakan persepsi membangun SOP seperti yang dilakukan di lembaga-lembaga lain," kata Sultan di Kepatihan Yogyakarta, Kamis (7/10/2021). 

SOP ini harus diterapkan di semua kampus sebelum membuka perkuliahan tatap muka. Mereka harus membuat SOP yang seragam seperti yang dilakukan PHRI untuk mengatur seluruh hotel dan restoran yang ada. 

Kampus juga harus ikut menekan penularan Covid-19. Ketika nanti ada mahasiswa yang terpapar maka perkuliahan harus dihentikan dan kampus ditutup. Bahkan jika penularannya sudah cukup banyak atau seperti zona merah maka pemda DIY yang akan turun tangan melakukan penutupan. 
 
"Begitu ada (kampus) yang merah, ya saya minta tutup. Saya tidak mungkin untuk membikin SOP," kata Sultan.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: