Tak Ada Aksi Turun ke Jalan, Buruh di Kulonprogo Salurkan Sembako dan Masker Peringati May Day

Budi Utomo ยท Jumat, 01 Mei 2020 - 13:54:00 WIB
 Tak Ada Aksi Turun ke Jalan, Buruh di Kulonprogo Salurkan Sembako dan Masker Peringati May Day
Bupati Kulonprogo Sutedjo Serahkan masker bantuan dari Serikat buruh kepada Kepala pelaksana BPBD Kulonprogo, Ariyadi, Jumat (1/5/2020)

KULONPROGO, iNews.id – Serikat buruh di Kabupaten Kulonprogo memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) dengan melakukan kegiatan sosial. Di tengah pandemi Covid-19, mereka membagikan ratusan paket sembako dan masker kepada buruh dan masyarakat.

“Kita bagikan 483 paket sembako dan 2.920 masker kita serahkan kepada BPBD (Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) untuk warga terdampak covid-19,” jelas Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Taufiq Rico Jumat (1/5/2020).

Mengusung tema “Dari buruh, oleh buruh untuk buruh”, kata Rico, para buruh ingin terlibat dalam penanganan Covid-19. Meskipun banyak buruh yang terpaksa dirumahkan atau di PHK lantaran perusahaannya tidak bisa produksi. Bahkan banyak buruh terpaksa alih profesi untuk bertahan hidup.

Secara simbolis, bantuan ini diserahkan dari KSPSI kepada Bupati Kulonprogo Sutedjo dan diteruskan kepada buruh. Pemkab Kulonprogo merasa bangga dengan aksi sosial dari para buruh. Dalam pandemi Covid-19 mereka banyak yang menjadi korban, namun ikut peduli dalam penanganan.

“Pemkab Kulonprogo mengapresiasi mereka yang masih peduli dengan nasib buruh yang lain,” kata Sutedjo.

Dia berharap di Kabupaten Kulonprogo tidak ada perusahaan yang sampai melakukan PHK kepada buruh. Perusahaan harus mampu bertahan dengan kebijakan masing-masing. Mereka tetap harus bisa produksi, untuk meringankan beban karyawannya.

Salah seorang buruh, Santosa mengaku perusahaannya cukup merasakan dampak Covid-19. Selama ini bergerak dalam kegiatan event organizer. Beberapa jadwal kegiatan dibatalkan karena Covid-19.

“Kita dirumahkan sampai batas waktu tidak ditentukan. Tidak ada gaji hanya diberikan bantuan berkala,” ujarnya pasrah.


Editor : Kuntadi Kuntadi