Tak Pakai Masker, Pengunjung Pasar Siyono Didenda Nyanyikan Indonesia Raya

Kismaya Wibowo ยท Kamis, 17 September 2020 - 14:22:00 WIB
Tak Pakai Masker, Pengunjung Pasar Siyono Didenda Nyanyikan Indonesia Raya
Seorang warga dihukum menyanyi karena tidak pakai masker di Pasar Siyono, Gunungkidul. (Foto: iNews.id/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Puluhan pengunjung dan pedagang tradisional di Kabupaten Gunungkidul terjaring razia pelaksanaan protokol kesehatan yang dilaksanakan kepolisian, Satpol PP dan TNI, Kamis (17/9/2020). Mereka yang tertangkap tidak memakai masker diberi hukuman menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Ada puluhan yang terjaring tidak mengenakan masker di Pasar Hewan Siyono,” kata Kapolsek Playen, AKP Hajar Wahyudi, Kamis (27/9/2020).

Razia ini merupakan salah satu upaya mencegah penularan Covid-19. Masyarakat harus disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. Hanya saja dalam praktik di lapangan masih ada yang mengabaikan aturan ini.

Bagi warga yang terjaring, diberikan sanksi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Harapannya dengan sanksi ini mereka menjadi jera dan bisa memberikan contoh di masyarakat.

“Minimal orang ini akan sadar untuk selalu mengenakan masker,” katanya.

Dalam razia ini petugas berhasil menjaring sekitar 20 orang pelanggar. Jumlah ini lebih kecil dari razia yang pertama yang mampu menjaring lebih dari 50 orang. Mereka beralasan lupa, dan sebagian masih belum memiliki kesadaran manfaat penggunaan masker.

“Mereka yang terjaring kita berikan masker dan kita berikan pemahaman dan sosialisasi,” kata Kapolsek.

Razia seperti ini akan dilaksanakan rutin, sebagai upaya preventif pencegahan Covid-19. Tidak hanya menyasar pedagang dan pengunjung pasar, namun juga masyarakat umum lainnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi