Takut Wabah PMK, Bajingan Hentikan Aktivitas Wisata Gerobak Sapi di Bantul

Kuntadi ยท Minggu, 31 Juli 2022 - 18:11:00 WIB
Takut Wabah PMK, Bajingan Hentikan Aktivitas Wisata Gerobak Sapi di Bantul
warga Jodog, Pandak, Bantul masih mempertahankan gerobak sapi, yang kini untuk angkutan wisata. (Foto: iNews.id/Trisna Purwoko)

BANTUL, iNews.id - Sejumlah pelaku wisata di Kapanewon Pandak, Bantul menghentikan kegiatan wisata keliling kampung naik gerobak sapi. Sejumlah Bajingan sebutan untuk sopir gerobak sapi tak ingin ternak mereka terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK). 

Wisata gerobak sapi menjadi wisata alternatif yang ditawarkan warga di Kalurahan Gilangharjo, Kapanewon, Pandak, Bantul. Sebelum ada wabah PMK, setiap Minggu Pon sejumlah bajingan membawa gerobak sapinya ke lapangan Jodog Legi untuk melayani wisatawan yang ingin naik gerobak. 

Paguyuban Gerobak Sapi “Guyup Rukun” memiliki puluhan anggota. Setiap Minggu Pon pagi, mereka akan datang ke lapangan membawa gerobak sapinya untuk melayani wisata berkeliling Jodogkarta (Jodog, Karangasem Wisata). 

“Sejak ada wabah PMK, anggota memilih meniadakan pertemuan untuk mencegah penularan sehingga aktivitas wisata keliling Jodogkarta juga berhenti,” kata ketua Paguyuban Isdi, Minggu (31/7/2022). 
 
Selama pandemi PMK, para pemilik memilih mengandangkan sapinya. Mereka menjaga sapi-sapinya tetap sehat dan tidak membawa keluar kandang. 

“Bajingan takut wabah PMK. Kalau sapi dibawa keliling takut nanti terpapar,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: