Update 10 Agustus: Tambah 14 Kasus Baru, Total Positif Covid-19 di DIY Jadi 876 Orang

Kuntadi ยท Senin, 10 Agustus 2020 - 16:34 WIB
Update 10 Agustus: Tambah 14 Kasus Baru, Total Positif Covid-19 di DIY Jadi 876 Orang
ilustrasi virus corona: istimewa

YOGYAKARTA, iNews.id – Sebanyak 14 warga Daerah Istinewa Yigyakarta (DIY) terkonfirmasi positif Covid-19 per Senin (10/8/2020). Dengan penambahan ini, totalnya tercatat 876 orang positif virus corona.

“Hasil pemeriksaan lab ada 14 kasus positif sehingga total ada 876 kasus,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Pemda DIY dalam Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, Senin (10/8/2020).

Tambahan kasus baru ini terbanyak di Kabupaten Sleman dengan delapan kasus. Sedangkan di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul, masing-masing dua kasus. Sementara di Kabupaten Kulonprogo dan Gunungkidul bertambah satu kasus.

Dinas Kesehatan di kabupaten/kota telah melakukan penelusuran terhadap kasus ini. Sebanyak tujuh kasus melakukan hasil tracking kasus positif. Selain itu ada tiga yang melakukan perjalanan ke luar daerah, dan tiga masih dalam penelusuran. Kemudian satu kasus kedatangan tamu dari luar daerah.

Berty mengatakan tingkat kesembuhan kasus di DIY cukup tinggi. Setiap harinya ada puluhan pasien yang sembuh, dan hari ini tercatat ada 23 kasus sehingga total ada 593 pasien yang sembuh.

“Hari ini ada 23 pasien yang sembuh, dan dalam beberapa hari tingkat kesembuhan cukup tinggi,” katanya.

Untuk kasus meninggal dunia, hari ini ada penambahan satu kasus, perempuan (45) dari Kulonprogo. Sedangkan jumlah sampel yang diperiksa ada 606 sampel dari 428 orang.

Sementara itu Juru Bicara Gugus Tugas Pemkab Kulonprogo dalam Penanganan Covid-19, Baning Rahayujati mengatakan dengan penambahan satu, maka total kasus Covid-19 ada 45 orang. Tambahan pasien satu ini, merupakan pasien PDP yang sudah meninggal dunia dan telah dimakamkan.

“Kemarin statusnya PDP (pasien dalam pengawasan), dan hari ini hasil labnya keluar positif,” kata Baning.

Dari total 45 kasus, sebanyak 17 pasien masih dalam perawatan, 26 sembuh dan dua kasus meninggal.


Editor : Kuntadi Kuntadi