Tanggapi Insiden KM Santika Nusantara, Menhub: Kita Perbaiki Mekanisme Penumpang

Kuntadi ยท Minggu, 25 Agustus 2019 - 19:58 WIB
Tanggapi Insiden KM Santika Nusantara, Menhub: Kita Perbaiki Mekanisme Penumpang
Penumpang KM Santika Nusantara yang selamat dievakuasi tim Basarnas ke Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya setelah dua hari terombang-ambing di laut lepas. (Foto: iNews.id/Sony Hermawan)

KULONPROGO, iNews.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memperketat sistem transportasi laut menyusul musibah terbakarnya kapal motor (KM) Santika Nusantara di perairan Masalembu, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku sudah melakukan klarifikasi dengan dirjend Perhubungan Laut.

Dari daftar manifest penumpang yang dibawa nakhoda kapal tersebut tercatat hanya ada 177 penumpang. Namun kenyataannya jumlah penumpang yang selamat dan meninggal jauh di atas daftar manifest yang ditandatangani nakhoda.

“Yang akan datang kita akan perbaiki mekanisme penumpang,” kata Menhub Budi Karya Sumadi, di sela-sela kunjungan kerjanya ke Bandara Yogyakarta International Airpot (YIA) Kulonprogo, DIY, Minggu (25/8/2019).

BACA JUGA: Seluruh Penumpang KM Santika Nusantara Telah Dievakuasi, 306 Selamat 3 Tewas

Menhub mengungkapkan, jumlah penumpang di atas data manifest itu terjadi karena banyak penumpang di dalam truk yang tidak terdata. Hal inilah yang menjadikan jumlah orang yang ditemukan melebihi daftar manifest yang ada. “Orang di truk itu yang tidak terdeteksi,” ucap Menhub. 

Sementara itu, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi seluruh penumpang KM Santika Nusantara yang terbakar di perairan Masalembu, Kabupaten Sumenep Madura, Jawa Timur (Jatim), telah dievakuasi. Sebanyak 306 orang selamat, dan tiga orang tewas.

SAR Mission Coordinator (SMC), Prasetya Budiarto mengatakan, jumlah penumpang yang dievakuasi bertambah dari data terakhir, Sabtu (24/8/2019).

"Kemarin jumlah penumpang yang dievakuasi sebanyak 303 orang, tiga di antaranya meninggal dunia," kata Prasetya kepada wartawan, Minggu (25/8/2019).

KM Santika Nusantara rute Surabaya-Balikpapan terbakar di perairan Masalembu, Sumenep, Kamis (22/8/2019), sekitar pukul 20.45 WIB. Sebanyak 111 penumpang berhasil diselamatkan. Terdiri atas 100 penumpang dewasa, enam anak-anak dan 5 bayi.


Editor : Kastolani Marzuki