Tebing Setinggi 20 Meter Ambrol, Penambang Pasir di Sleman Tewas Tertimbun

Kuntadi ยท Kamis, 27 Agustus 2020 - 18:20:00 WIB
Tebing Setinggi 20 Meter Ambrol, Penambang Pasir di Sleman Tewas Tertimbun
Sebuah tebing di Cangkringan Sleman ambrol dan menimbun penambang. (Foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id – Seorang penambang pasir di Kabupaten Sleman, DIY tewas tertimpa tebing yang ambrol, Kamis (27/8/2020). Korban bernama Bonar (51) warga Temanggung, berhasil dievakuasi setelah material disingkirkan dengan alat berat.

Musibah tebing ambrol yang terletak di Dusun Tangkisan, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan ini terjadi sekitar pukul 11.45 WIB. Saat itu korban tengah menambang pasir secara manual. Tiba-tiba tebing setinggi 20 meter yang ada di atasnya ambrol.

“Korban itu menambang manual dan tertimbun material pasir,” kata Komandan TRC BPBD Sleman, Sugiyanto, yang dikonfirmasi wartawan, Kamis (27/8/2020).

Musibah ini, langsung dilaporkan ke posko Tim SAR. Petugas langsung melakukan pencarian dengan mengerahkan alat berat. Saat ditemukan korban sudah dalam kondisi meninggal dunia.

“Jadi saat ditemukan korban sudah meninggal dunia,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Cangkringan, AKP Samiyono membenarkan adanya kejadian tebing ambrol yang menyebabkan satu korban jiwa. Korban yang berhasil dievakuasi kemudian dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Polisi meminta masyarakat yang melakukan aktivitas penambangan pasir agar lebih hati-hati. Kasus tebing ambrol yang menyebabkan penambang tertimbun sudah beberapa kali terjadi. Untuk itulah selama menambang harus mewaspadai kondisi lahan yang ditambang.


Editor : Kuntadi Kuntadi