Terduga Teroris di Gunungkidul Diketahui Suka Rakit Benda Mirip Bom

Kismaya Wibowo, Suharjono, Sindonews ยท Rabu, 20 November 2019 - 16:00 WIB
Terduga Teroris di Gunungkidul Diketahui Suka Rakit Benda Mirip Bom
Tim Gabungan Densus 88 dan Gegana Brimob Polda DIY saat penangkapan terduga teroris di Gunungkidul. (Foto: SINDOnews)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Penangkapan terduga teroris Abu Umar alias Markino (47) oleh tim Densus 88 di Dusun Ngunut Tengah Desa Ngunut Kecamatan Playen, Gunungkidul, DIY, Rabu (20/11/2019) menggegerkan warga sekitar.

Mereka tidak menyangka ada tetangganya yang diduga terlibat jaringan terorisme.

Tetangga Markino, Suhar (50) mengaku tidak tahu tetangganya ditangkap tim Densus. Dia baru tahu setelah ditelepon istrinya sekitar pukul 08.30 WIB.

"Saya tidak tahu karena saya sejak pagi pergi ke Karangmojo, kemudian saya ditelpon istri saya," tuturnya, Rabu (20/11/2019).

Suhar mengaku mengetahui kerabatnya itu suka merakit benda semacam bom. Namun, dia tidak mengetahui pasti mengenai benda mirip bom yang kini diamankan tim Densus tersebut. "Orangnya tertutup, saya tahu tapi tidak berani bertanya," ucapnya.

Dia mengungkapkan, perilaku Markino berubah jauh sejak 5 tahun terakhir. Terduga teroris itu juga jarang berkomunikasi dengan tetangga sekitar. "Saya saja tidak pernah berbincang - bincang juga. Jadi tertutup," katanya.

Diketahui, tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap Abu Umar, terduga teroris  mengamankan Abu Umar alias Markino.

Tim Densus juga mengamankan bahan bom. Bahkan beberapa di antaranya dilaporkan sudah dirakit. Sedangkan lainnya masih dalam bentuk bubuk.

Upaya menjinakkan bom langsung dilakukan oleh tim Gegana Polda DIY yang turut mengamankan lokasi penangkapan. Beberapa bahan diduga bom langsung diledakkan oleh tim Gegana di kebun bagian belakang rumah terduga teroris Markino.

Suara ledakan pun membuat kaget warga yang berkerumun melihat proses penangkapan hingga pencarian sejumlah barang bukti di rumah Markino.

Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan mengatakan,  ada satu terduga teroris di Desa Ngunut yang ditangkap tim Densus.

Namun, dia mengaku tidak bisa memberikan keterangan detail terkait proses penangkapan.

"Kami hanya ikut membantu mengamankan lokasi saja. Kegiatan langsung dari tim Densus," katanya.


Editor : Kastolani Marzuki