Tertangkap, Pembuang Bayi di Halaman Rumah Warga Ternyata Sepasang Mahasiswa Yogyakarta

Heru Trijoko ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 10:41 WIB
Tertangkap, Pembuang Bayi di Halaman Rumah Warga Ternyata Sepasang Mahasiswa Yogyakarta
Rekaman CCTV pembuang bayi di halaman rumah warga di Godean, Sleman

SLEMAN, iNews.id - Hanya berselang satu hari, pelaku pembuangan bayi yang terekam kamera CCTV di Sleman, Yogyakarta akhirnya ditangkap polisi. Pelaku merupakan sepasang kekasih yang berstatus mahasiswa di sebuah perguruan tinggi Yogyakarta.

Kedua tersangka yakni, berinisial K (21) warga Sumatra dan A (20) warga Jember. Berdasarkan pengakuannya, mereka nekat membuang bayi tersebut lantaran malu dengan keluarga. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu merupakan hasil hubungan di luar nikah.

Kasatreskrim Polres Sleman AKP Deny Irwansyah menjelaskan pelaku sempat terekam kamera CCTV saat berada di sekitar lokasi pembuangan bayi. Keduanya ditangkap di lokasi pembuangan bayi karena menyadari kesalahannya dan berniat menjenguk atau mengambil bayinya kembali.

"Dua-duanya diamankan di sekitaran TKP. Kami berpesan masyarakat jika ada yang cari (bayi) diamankan dulu dan lapor ke kami," katanya.

Hingga saat ini, kedua pelaku atau sepasang kekasih ini masih menjalani pemeriksaan intensif di Polsek Godean, Sleman. Akibat perbuatannya, mereka akan dijerat dengan pasal 305, 306 atau pasal 308 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.

Sebelumnya, warga di Dusun Berjo Kulon, Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean , digegerkan dengan penemuan bayi di salah satu rumah warga. Bayi tersebut di letakan di atas kursi yang ada di depan rumah warga.

Dalam kardus itu juga ditemukan tulisan tangan berisi pesan agar bayi itu dijaga dan disayangi. Aksi pelaku pembuangan bayi mengendari mobil warna putih ini sempat terekam kamera CCTV rumah warga.


Editor : Nani Suherni