Tiga Bulan Ditutup, Uji KIR di Gunungkidul Bakal Dibuka Kembali

Kismaya Wibowo ยท Senin, 29 Juni 2020 - 18:30 WIB
Tiga Bulan Ditutup, Uji KIR di Gunungkidul Bakal Dibuka Kembali
Petugas Dishub Gunungkidul melakukan simulasi pengujian KIR. (Foto: iNews.id/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.idDinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul siap membuka kembali layanan uji kendaraan bermotor atau dikenal dengan uji KIR. Pelayanan ini akan dibatasi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan Covid-19.

“Layanan ini akan dibuka kembali pada 1 juli dan akan dibatasi 25 kendaraan per hari kecuali untuk mutasi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul, Wahyu Nugroho pada uji coba penerapan protokol kesehatan di layanan pengujian KIR, Senin (29/6/2020).

Setiap kendaraan yang akan diuji, akan disemprot disinfektan terlebih dulu untuk mencegah penularan Covid-19. Antrean berdasarkan pada daftar hadir kendaraan. Selama pengujian pengemudi tidak diperkenankan turun dan tetap berada di dalam mobil.

Diakuinya pengujian ini masih harus dilakukan secara manual. Pendaftaran dan pembayaran belum bisa dilakukan secara online, sehingga masih ada interaksi antara petugas dengan pengemudi.

“Kita sudah usulkan ke depan agar bisa dilakukan secara online, mungkin nanti pada 2021,” katanya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis, Uji Kendaraan Dishub Gunungkidul, Daru Sasongko mengatakan, selama masa pandemi Covid-19 ada sekitar 1.824 kendaraan yang jatuh tempo masa berlaku uji KIR-nya. Kondisi ini bisa menjadikan potensi pendapatan senilai Rp230 juta meleset.

“Potensi pendapatan kita bisa meleset, karena yang jatuh tempo hampir 51 persen,” ujarnya.


Editor : Kuntadi Kuntadi