Truk Tronton Tabrak Bus di Gunungkidul, 13 Penumpang Dilarikan ke Rumah Sakit

Kismaya Wibowo ยท Kamis, 01 Agustus 2019 - 18:25:00 WIB
Truk Tronton Tabrak Bus di Gunungkidul, 13 Penumpang Dilarikan ke Rumah Sakit
Kondisi bus ringsek setelah menabrak pohon di Kabupaten Gunungkidul, DIY, Kamis (1/8/2019). Kecelakaan itu mengakibatkan belasan penumpang luka-luka. (Foto: iNews/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Truk tronton bermuatan batu putih menabrak bus sarat penumpang di di Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, DIY, karena diduga mengalami rem blong, Kamis (1/8/2019). Akibat kejadian tersebut, 13 orang penumpang mengalami luka-luka.

Para korban yang mengalami luka-luka ringan hingga sedang akibat kecelakaan tersebut, langsung dilarikan ke Rumah Sakit Pelita Husada dan RSUD Wonosari. Hingga kini, para penumpang masih mendapatkan perawatan.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Anang Tri Nuviyan memaparkan, kecelakaan tersebut berawal ketika truk tronton bernomor polisi AB 8949 JN, melaju dari arah timur atau Bedoyo, menuju arah barat atau Wonosari. Bus melaju dengan kecepatan sedang. Dari arah sama juga melaju Bus Purwo Widodo bernomor polisi AD 1469 FG, yang dikemudikan oleh Rustam, warga Pracimantoro, Jawa Tengah.


Namun, tepat di jalanan menurun, truk tronton tersebut kehilangan kendali akibat mengalami rem blong. Setelah berjalan beberapa meter dengan kondisi rem blong, truk tronton kemudian menabrak bus yang membawa belasan penumpang.

“Sopir truk tronton itu sebenarnya sudah mengklakson beberapa kali memberi isyarat bahwa truknya mengalami rem blong. Tetapi, sopir bus mengira klakson itu hanya karena sopir truk akan menyalip. Jadi, bus tetap melaju hingga terjadi benturan karena ada turunan dan rem sudah tidak berfungsi lagi,” kata Anang Tri Nuviyan.

Laju truk baru bisa terhenti usai berjalan sejauh hampir 1 kilometer (km) dari lokasi rem blong. Sementara bus yang ditabrak dari belakang juga akhirnya lepas kendali hingga menabrak pohon trembesi. Kondisi bus remuk usai menabrak pohon di Jalan Bedoyo – Wonosari, tepatnya di Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong. Akibatnya, belasan penumpang mengalami luka-luka.

“Sopir truk ini juga sempat mau membanting setir ke kanan, tapi ada Avanza dan sepeda motor. Maka setelah ada kesempatan, dia membanting setir ke kanan, sehingga dia mendahului bus. Truk melaju trus, sedangkan bus menabrak pohon,” katanya.

Kecelakaan ini sempat membuat kaget warga di sekitar lokasi kecelakaan. Warga mengaku melihat truk tronton dan bus yang melaju dengan cepat saat di jalan turunan.

“Penyebabnya karena rem blong. Dua-duanya melaju dari arah yang sama dan meluncur trus sampai yang satu menabrak pohon dan satu lagi masih jalan trus tadi. Yang jelas korban banyak, tapi hanya luka-luka,” kata saksi, Suparno Mugiarjo.

Editor : Maria Christina