Uang Rp5 Juta dan Perhiasan Ditukar Tisu Basah, Wanita Korban Gendam di Yogyakarta Lapor Polisi

Kuntadi ยท Senin, 14 Oktober 2019 - 17:45:00 WIB
Uang Rp5 Juta dan Perhiasan Ditukar Tisu Basah, Wanita Korban Gendam di Yogyakarta Lapor Polisi
Polisi menangkap tiga pelaku gendam yang memperdayai korbannya di Yogyakarta. (Foto: iNews.id/Kuntadi).

YOGYAKARTA, iNews.id - Polisi mengamankan tiga pelaku penipuan dengan modus gendam. Para tersangka diamankan setelah memperdayai korban dengan menukar uang dan perhiasan senilai Rp12 juta dengan tisu basah.

Tiga tersangka yang diamankan AZ (45) dan YL (39) yang merupakan warga Batam. Satu tersangka lain adalah SR (49) warga Trenggalek, Jawa Timur (Jatim).

"Dalam kasus ini ada tiga orang tersangka yang kita amankan," kata Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Armaini, di Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta (DIY), Senin (14/10/2019).

Kronologinya bermula saat tersangka AZ bertemu dengan korban Mugiyanti, warga Kabupaten Sleman, DIY. Dia berpura-pura mencari telur asin dalam jumlah besar, dan dibeli Rp5.000 per butir.

Tidak lama tersangka lainnya YL dan SR datang. Mereka mengaku mengetahui tempat pembuatan telur asin. Lalu ketiga tersangka mengajak korban untuk masuk ke dalam mobil menuju ke suatu tempat.

"Dalam perjalanan tersangka AZ mengaku memiliki kenalan yang sukses dan kaya setelah diberikan butiran mustika. Dua tersangka lain juga mengaku kenal dan membenarkan hal tersebut," ujar dia.

Salah satu tersangka kemudian menawarkan korban, dia mengatakan, bisa memberikannya mutiara tersebut asalkan ditukar dengan uang dan perhiasan yang dimilikinya.

"Korban akhirnya menyerahkan yang tunai Rp5 juta dan perhiasannya, lalu dimasukkan ke dalam tas. Lalu, seorang tersangka juga ikut berpura-pura menyerahkan uangnya ke dalam tas," katanya.

Mugiyanti kemudian diantar ke tempat awal pertemuan mereka. Tas yang diduga berisi uang itu diserahkan ke korban, dan memintanya membuka isi tas setelah Salat Ashar.

Namun tas yang diberikan ke korban ternyata sudah diganti dengan tas lain yang bentuknya sangat mirip. Setelah lewat waktu Ashar, korban pun membuka isi tas tersebut sebagaimana instruksi para tersangka.

"Saat dibuka, isinya bukan mutiara, tetapi hanya tisu basah," ujarnya.

Korban lantas melaporkan kasus penipuan tersebut ke polisi. Petugas mendapati ketiga tersangka di Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) diduga hendak kabur. Lalu dibawa ke Mapolresta Yogyakarta.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: