Unik, Pohon Pisang di Kulonprogo Miliki Tiga Tandan

Kuntadi ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 19:13 WIB
Unik, Pohon Pisang di Kulonprogo Miliki Tiga Tandan
Suwarsono menunjukkan pohon pisang unik miliknya yang memiliki tiga tanda, Foto : Kuntadi/iNews.id

KULONPROGO, iNews.id – Pohon pisang biasanya hanya memiliki satu buah tandan. Namun tidak demikian dengan pohon pisang milik Suwarsono (45) warga Kedung Banteng, Kalurahan Temon Kulon, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, yang memiliki tiga buah tandan.

Pohon pisang ini sudah ditanam sejak tiga tahun lalu. Bibitnya dibawa dari Lampung, dari tempat saudaranya. Selama dua tahun pohon ini tumbuh dan berbuah normal dengan satu tandan. Barub tahun ini berbuah tiga tandan.

“Kalau jenisnya ini seperti pisang ambon, dan baru tahun ini ada tiga tandan,” kata Suwarsono di rumahnya, Selasa (23/6/2020).

Keanehan pohon ini diketahui Suwarsono sejak sebulan lalu. Saat itu, dia menemukan dua bunga muncul di satu tangkai. Berselang beberapa hari muncul satu tangkai lagi sehingga ada tiga tangkai.

Agar tumbuh sempurna, Suwarsono memberikan perawatan. Di antaranya dengan memberikan pupuk kandang dan disiram dengan air.

“Ini sudah sebulan kemungkinan beberapa pekan sudah bisa dipanen,” katanya.

Rencananya buah pisang ini akan dikonsumsi sendiri. Sebagian lagi akan dibagikan kepada tetangganya yang penasaran dengan buah ini.

“Kalau rasanya seperti pisang ambon biasa, tidak ada bedanya,” katanya.

Keanehan pisang ini, tersebar di media sosial. Banyak orang datang untuk menyaksikan keanehan pohon ini. Mereka akan mengabadikan dengan memfoto.

“Seumur-umur baru ada ini, satu pohon pisang ada tiga tandan,” kata Mujiyono warga Kokap yang sengaja datang untuk melihat keanehan pohon pisang ini.


Editor : Kuntadi Kuntadi